Kenali Dampak Blue Light Smartphone Terhadap Kerja Otak

Kenali Dampak Blue Light Smartphone Terhadap Kerja Otak

Blue light smartphone adalah sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat telepon pintar. Namun secara umum blue light dihasilkan pula oleh perangkat digital seperti televisi, laptop, PC dan perangkat gadget lainnya. Sinar biru tersebut diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan.

Namun Berdasarkan penelitian mengungkapkan jika cahaya biru dari perangkat elektronik sebenarnya dapat berdampak pada produktivitas melatonin didalam otak. Ketahui yuk dampak apa saja yang ditumbulkan.

Dampak Buruk Blue Light

Melatonin ialah hormon pada tubuh yang berfungsi perangsang hormon tidur, semakin sedikit hormon ini diproduksi maka seseorang akan semakin berkurang merasakan kantuk . Jika hal ini terjadi sudah tentu pola istirahat akan menjadi terganggu.

Tidur merupakan kebutuhan mendasar setiap manusia , manusia membutuhkan waktu istirahat sedikitnya sekita 5-8 jam setiap harinya. Waktu istirahat dipergunakan oleh sel dan organ-organ tubuh untuk memperbaharui kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Blue Light

Walau blue light berdampak buruk pada kesehatan, namun ternyata blue light pada gadget pun memiliki manfaat, mengingat sinar ini mengakibatkan penurunan produksi hormon melatonin, maka kondisi tubuh seseorang akan lebih lama terjaga dan fokus.

Kesimpulan

Dari pengaruh-pengaruh yang diberikan oleh melanin pada tubuh kita dapat memanfaatkannya sinar itu ketika situasi membutuhkan agar kita tetap terjaga. Namun pada saat tubuh membutuhkan istirahat kurangi penggunaan alat yang dapat memproduksi blue right agar tubuh dapat beristirahat secara maksimal. Terutama blue right smartfhone, mengingat gadget ini paling sering digunakan dalam keseharian.

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!