Begini Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2020/2021

ujian nasional

Dalam masa darurat Penyebaran Covid-19 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim meneribitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 Tanggal 1 Februari 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Covid-19.

Melalui surat edarannya Mendikbud menyatakan bahwa Ujian Nasional (UN) dan Ujian Jesetaraan Tahun 2021 ditiadakan. Berkenaan dengan itu maka Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan.

Peserta didik dapat dinyatakan lulus setelah berhasil menyelesaikan program pembelajaran yang berlaku pada masa pandemi COVID-19 dan dibuktikan dengan rapor siswa tiap semester dengan memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, serta mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian dilaksanakan dalam bentuk portofolio evaluasi nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh (penghargaan, hasil perlombaan dan lain-lainnya), pemberian tugas, dan test-test yang dilaksanakan secara luring ( luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). Sedangkan untuk peserta didik SMK dapat mengikuti uji kompetensi keahhlian.

Surat Edaran Mendikbud ini mengatur pula penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program Paket B dan program Paket C bahwa ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan dapat diakui sebagai penyetaraan lulusan.

Berkenaan dengan kenaikan kelas, UAS (Ujian Akhir Semester) untuk kenaikan kelas dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh (penghargaan, hasil perlombaan dan lain-lainnya), pemberian tugas, dan test-test yang dilaksanakan secara luring ( luar jaringan) dan daring (dalam jaringan).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ditindaklanjuti oleh Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-298/DJ.I/PP.10/02/2021 Tanggal 09 Pebruari 2021 Tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) untuk para siswa di madrasah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim meneribitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 Tanggal 1 Februari 2021 dapat diunduh pada link dibawah ini:

  • [media-downloader media_id=”956″ texts=”Download SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021″]
  • [media-downloader media_id=”959″ texts=”Download Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag”]

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!