Begini Cara Memeriksa Mobil Bekas Sebelum Membelinya

cara memilih mobil bekas
Gambar oleh Michael Gaida dari Pixabay

Cara memeriksa mobil bekas dapat diterapkan dengan mudah ketika memutuskan membeli kendaraan sebagai tangan kedua. Pastinya hal tersebut bukanlah perkara mudah. Karena pembeli diharuskan memiliki kejelian tertentu pada beberapa kategori agar tidak salah menemukan kendaraan yang akan digunakan setiap harinya.

Beberapa pengalaman kurang menyenangkan mungkin memang menghambat proses pemilihan kendaraan. Namun, ketika menemui agen yang aman dan sudah pasti dipercaya tidak perlu ada lagi keraguan untuk dikhawatirkan. Hal utama penting untuk dipastikan adalah membelinya langsung pada agen terpercaya.

Kendaraan bekas memang memiliki harga cukup miring. Namun, bukan berarti setiapnya dijual dengan asal. Kamu dapat menemui spesifikasi tinggi dengan harga memadai ketika menerapkan cara khusus berikut. Pastikan kenyamanan menjadi aspek utama dalam pemilihan kendaraan. Terapkan cara memeriksa mobil bekas berikut agar tidak menyesal.

Memastikan Kondisi Bentuk Masih Baik

Ketika memeriksa bentuk mobil pertama yang perlu dilakukan adalah memastikannya pada posisi datar. Ini sangat berpengaruh untuk memperhatikan posisi ban dalam kualitas seperti apa. Pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah bagian badan juga berada dalam posisi seimbang atau justru melorot karena sempat menampung beban.

Bentuk selanjutnya dapat dilihat dari kondisi cat. Masih baik atau tidaknya cat dapat dengan mudah dilihat. Cat yang kusam menandakan perawatan kurang memadai selama digunakan oleh pengguna sebelumnya. Cari titik khusus terkait kekurangan permukaan ini, baik berupa karat, goresan, dan penyokan.

Perhatikan rangka pada kendaraan. Jangan pernah memutuskan membeli kendaraan yang rangkanya rusak, karena ini sangat merugikan kamu. Periksa besi rangka mulai dari spatbor kiri dan kanan. Ini juga akan memudahkan kamu menemukan kekurangan selanjutnya pada rangka. Pastikan tidak ada goresan atau penyokan bekas kecelakaan.

Melihat Kondisi Kenyamanan Bagian Dalam

Kamu dapat masuk pada bagian dalam untuk menerapkan cara memeriksa mobil bekas selanjutnya. Lihat dengan teliti apakah bagian jok dan sarungnya terdapat kekurangan. Apabila kekurangan tersebut hanya masalah kecil, tentu bukan masalah. Lihat seperti apa bentuk kekurangan yang ada. Apakah berupa lubang, sobekan, atau lainnya.

Pemeriksaan selanjutnya dapat dipastikan melalui kelayakan pendingin udara. Jangan sampai membeli kendaraan yang kurang nyaman. Pendingin dalam kendaraan merupakan hal utama yang perlu ada. Panasnya suhu dalam ruangan hanya dapat diatasi oleh berfungsinya pendingin tersebut.

Jarak tempuh dalam kendaraan dapat dilihat melalui seberapa banyak angka sudah ditempuh. Ini dapat menjadi nilai plus atau minus. Kendaraan berjarak tempuh pendek yang sudah dijual belum tentu terjamin keamanannya, begitu juga jarak tempuh panjang. Konsultasikan saja hal tersebut bersama penjualnya.

Memastikan Kelayakan Mesin dan Mencoba Berkendara untuk Memastikan Kelayakan

Pertama, periksa dengan teliti bagian kap mesin. Ini mudah sekali dilakukan. Cukup buka bagian depan untuk menemukan kondisi terkait pertanda kerusakan. Bagian kap akan memunculkan sejumlah mesin bagian tertentu bersama sambungannya masing-masing. Memastikannya dapat bekerja adalah hal utama.

Periksa juga mesin untuk memastikan tidak menemui kebocoran atau korosi pada jenis tertentu. Pada bagian blok kamu akan menemukan bekas noda oli. Ketika menemui noda bekas berwarna coklat tua sudah dapat dipastikan terjadi sebuah kebocoran pada salah satu bagian sehingga memerlukan perbaikan.

Mencoba mengendarai kendaraan langsung merupakan pilihan tepat sebelum membelinya. Cara ini adalah langkah terbaik untuk melihat kelayakannya secara langsung. Kamu dapat memastikan karakter mesin apakah sesuai dengan keinginan atau tidak. Mencoba berkendara akan memudahkan calon pembeli mengambil keputusan.

Jangan pernah lupakan untuk mengetes kondisi rem. Hal tersebut juga penting untuk dipastikan sebelum memutuskan membeli. Ambil keputusan sebaik mungkin, karena kendaraan yang akan menemani setiap harinya harus dalam spesifikasi paling baik. Terapkan cara memeriksa mobil bekas agar tidak merugikan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!