Berkenalan dengan Mobil Pertama Dalam Sejarah Dunia yang Legendaris

Mobil pertama dalam sejarah dunia mulai berkembang pada akhir tahun 1800-an yang mulai diproduksi di luar negeri. Ketika masa tersebut sarana transportasi tanah air masih berkembang mengandalkan sepeda kayuh yang sampai sekarang sering ditemui. Banyak komunitas sepeda lama menjaga keawetannya di tengah maraknya industri transportasi.

Mobil yang biasa ditemui saat ini tentu tidak sama dengan mobil yang melegenda. Sebagai perkembangan awal transportasi bermodal ruang cukup luas, pada tahun 1800-an berkembang industri kecil yang terus mengembangkan produksinya agar mampu menghasilkan sebuah alat berdedikasi tinggi.

Mobil pertama dalam sejarah dunia tidak lahir begitu saja. Mengingat keterbatasan perkembangan ketika itu memang cukup sulit menciptakan sebuah bentuk baru dengan hasil memuaskan. Tetapi, hal ini mampu diatasi oleh sejumlah ahli sehingga alat transportasi tersebut mampu berkembang mengatasi permasalahan hidup sekarang.

Mercedes Benz di Tahun 1885

Mercedes Benz Tahun 1885Apabila biasanya hadir dengan roda empat karena berperan penuh menjaga keseimbangan muatan, yang pertama kali muncul justru dianggap mirip becak. Kendaraan tradisional beroda tiga tersebut terlihat sekilas mirip dengan hasil produksi Karl Benz. Hadir untuk digunakan bersama secara berdampingan, tetapi belum memiliki penutup sempurna.

Tampilannya yang mirip becak ini merupakan rancangan pertama untuk dikembangkan menjadi versi lebih baik lagi. Titik mula kemunculan ini memicu ahli transportasi lainnya mengembangkan kendaraan lebih nyaman sekaligus berpotensi tinggi mengatasi masalah. Sepeda dianggap kurang memuaskan karena memerlukan tenaga lebih dalam menjalankannya.

Ditetapkan pada Januari 1885, Mercedes Benz memiliki nama awal Patent Motorwagen sebelum berubah pada tahun 1901. Mesinnya didukung performa 954 cc yang sudah sangat kompeten pada masanya. Melalui 0,75 bhp tenaganya mampu meringankan pekerjaan lebih baik lagi daripada penggunaan sepeda dalam perjalanan jauh waktu itu.

Peugeot, Pemilik Roda Empat Pertama

mobil pigeotMobil pertama dalam sejarah dunia selanjutnya merupakan bentuk terbaru kreasi Peugeot. Mesin mobil pertamanya diciptakan dengan lebih matang. Memiliki tampilan lebih nyaman dilihat kendaraan ini dipasang roda empat untuk menjaga keseimbangan dari muatan berat di atasnya. Hal ini dipikirkan secara matang mengingat intensitas perjalanan panjang.

Nama Peugeot sebenarnya sudah lama dikenal sebagai produsen penggiling garam dan merica. Namun, pada tahun 1981 atau lebih tepatnya 40 tahun kemudian beralih sebagai produsen mobil. Kesempatan ini dimanfaatkan penuh dalam mengambil peluang baru untuk menciptakan kendaraan lebih nyaman bagi pengguna.

Agar berhasil menggerakkan rodanya, mesin roda empat dibarengi dengan mesin V-twin yang dipasang pada bagian belakang. Mampu bekerja secara efektif unit produksi terus dikembangkan menuju hasil maksimal. Pada tahun 1892 jumlahnya terus bertambah dari 5 unit menjadi 29 unit, sampai 500 unit tahun 1900.

Ford Quadricycle Karya Henry Ford

Ford Quadricycle Karya Henry FordSedikit sederhana dari tampilan yang berhasil diberikan oleh Peugeot, Henry Ford memberikan rancangan baru. Melalui kendaraan eksperimental ini Ia berhasil menciptakan bentuk baru yang masuk dalam jajaran pertama. Hal ini karena Ia mampu menciptakan sebuah kendaraan nyaman sebagai alat transportasi di tahun 1896.

Kendaraan ini dikenal sebagai Ford Quadricycle karena sekilas mirip dengan sepeda. Tampilannya memang terkesan sederhana, namun sangat membantu pekerjaan menjadi lebih ringan. Pada tahun 1899 Henry Ford mendirikan Detroit Automobile Company yang berganti nama menjadi Henry Ford Company di tahun 1901.

Jajaran kendaraan tersebut sangat memengaruhi laju perkembangan di era sekarang. Kendaraan yang terus berevolusi menciptakan tampilan baru bersama kapasitasnya masing-masing tidak dapat dilepaskan dari sejarahnya. Tercatat mobil pertama dalam sejarah dunia memiliki keunikannya sendiri sampai berhasil menjadi idola seperti saat ini.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!