Tips Merawat AC Mobil agar Kabin Tetap Dingin

Tips Merawat AC Mobil agar Kabin Tetap Dingin

Agar kabin tetap dingin, maka kamu harus mengetahui beberapa tips merawat AC mobil. Sebab, kabin mobil tidak dingin ini disebabkan karena komponen AC mobil kurang terawat. Alhasil, konsentrasi dalam berkendara dapat terganggu karena AC mobil tidak dingin. Bukan tanpa alasan jika AC mobil kurang dingin.

Hal tersebut bisa saja menandakan bahwa komponen pendingin pada mobil mengalami masalah cukup serius. Bahkan, biaya servis komponen pendingin ini tidaklah murah. Untuk menghindari kerusakan komponen, maka ada beberapa tips mudah merawat AC mobil secara mandiri di rumah.

Ini Dia Beberapa Tips Merawat AC Mobil Secara Mandiri di Rumah

Sejak pandemi virus corona mewabah di Indonesia, beberapa bengkel mobil pun terpaksa tutup guna mentaati peraturan pemerintah yang membatasi jam operasional tempat usaha. Oleh sebab itu, kamu harus merawat komponen AC mobil secara mandiri. Ada beberapa tips jitu saat merawat AC mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan Kabin Mobil dari Sampah dan Kotoran

Pertama, kamu harus membersihkan kabin mobil dari sampah, debu, dan kotoran. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap ketika AC mobil dinyalakan. Selain itu, sampah, debu dan kotoran juga menyebabkan tersumbatnya blower AC mobil. Sehingga, udara yang dihasilkan tidak terasa dingin.

  1. Jangan Merokok Ketika AC Mobil Dihidupkan

Kedua, hindari merokok ketika AC mobil dihidupkan. Sebab, puntung rokok dapat menyebabkan penyumbatan pada evaporator. Selain itu, asap rokok juga menyebabkan blower AC mobil tersumbat. Apabila kebiasaan ini dibiarkan, maka AC mobil tidak dapat dingin karena adanya penyumbatan pada evaporator.

  1. Membersihkan Saringan Filter AC Mobil Secara Berkala

Tips merawat AC mobil selanjutnya adalah membersihkan saringan filter secara berkala. Sebab, fungsi saringan filter ini adalah menyaring cairan freon sebelum diteruskan ke evaporator. Apabila saringan filter jarang dibersihkan, dapat dipastikan bila distribusi cairan freon akan terganggu.

  1. Mengecek Kadar Freon

Dan tips yang terakhir adalah mengecek kadar freon. Apabila kabin mobil tidak dingin, maka bisa saja kadar freon mobil kamu telah habis. Sehingga, kompresor tidak dapat menghisap gas freon karena kadarnya pun cukup menipis. Jika freon mobil habis, maka segera bawa ke bengkel spesialis AC mobil untuk pengisian ulang freon.

Cara Mencegah Kerusakan pada Komponen AC Mobil

Terkadang, beberapa pemilik kendaraan terlalu abai dalam memberikan perawatan pada komponen AC mobil. Sehingga, komponen pendingin pun mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut menyebabkan suhu kabin tidak stabil karena AC mobil mengalami kerusakan.

Ada beberapa cara mencegah terjadinya kerusakan pada komponen tersebut. Pertama, jangan pernah memasukkan sesuatu ke blower AC mobil. Apabila terdapat sesuatu barang yang terhisap blower AC mobil, ditakutkan akan merusak komponen AC seperti evaporator.

Kedua, cek kadar oli kompresor secara berkala. Sebab, kompresor merupakan komponen “penggerak” yang mengubah gas freon menjadi gas dingin. Apabila kompresor tidak terlumasi dengan baik, dapat dipastikan jika gas freon tidak akan terhisap secara maksimal. Dan kabin mobil pun tidak dapat dingin meskipun indikator menunjukkan pada suhu terendah.

Ketiga, lakukan semua cara merawat AC mobil di rumah agar kamu tidak perlu membawa kendaraan untuk tune up komponen pendingin di bengkel. Dan jika komponen AC mobil menunjukkan gejala kerusakan, maka kamu harus segera ke bengkel mobil untuk pengecekan lebih lanjut.

AC mobil tidak dingin menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu kamu ketika berkendara. Untuk mencegah masalah tersebut, maka kamu wajib tahu beberapa tips merawat AC mobil secara mandiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!