Tips Merawat Mobil Klasik agar Tidak Mengalami Masalah Overheating

Tips Merawat Mobil Klasik agar Tidak Mengalami Masalah Overheating

Ada beberapa tips merawat mobil klasik bagi para pemilik kendaraan. Merawat mobil-mobil klasik ini cukup sulit. Salah satunya adalah merawat komponen mesin. Sebab, mesin mobil bisa saja mengalami overheating karena kesalahan dalam proses perawatannya. Masalah overheating ini memang harus dihindari.

Sebab, masalah tersebut bisa menyebabkan kerusakan permanen seperti turun mesin. Sehingga, biaya servis mobil klasik yang mengalami turun mesin ini cukup mahal. Maka dari itu, kamu harus belajar bagaimana cara merawat mobil-mobil tua agar tidak mengalami overheating.

Ini Dia Tips Merawat Mobil Tua agar Mesinnya Tetap Awet

Mobil-mobil tua tetap menjadi idaman bagi para kolektor. Mereka beranggapan bahwa mobil-mobil tersebut memiliki kesan estetik. Selain itu, para kolektor juga menilai bahwa mesin mobil klasik lebih kuat dan tahan di segala medan.

Namun, merawat mobil-mobil tua ini lebih sulit dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru. Ada beberapa tips merawat mobil klasik agar mesinnya tidak mengalami overheating. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Selalu Mengecek Kadar Oli Mesin

Tips pertama, selalu cek kadar oli mesin sebelum digunakan untuk berkendara. Salah satu penyebab mesin mengalami overheating ini disebabkan karena kadar oli mesin mobil menipis. Akibatnya, komponen mesin mengalami aus dan berkarat. Jika tidak ditangani segera, maka suhu mesin akan meningkat dan mobil pun akan mogok ketika digunakan.

  1. Mengecek Bagian Radiator

Tips kedua, kamu wajib mengecek bagian radiator mobil. Sebab, fungsi radiator adalah menstabilkan suhu mesin ketika mobil digunakan berkendara. Apabila kondisi radiator normal, maka cek kadar air radiator.

Kamu disarankan untuk menggunakan air radiator khusus untuk jenis mobil klasik seperti radiator air coolant. Sebab, air radiator tersebut dapat mendinginkan mesin mobil dengan cepat. Sehingga, risiko mesin mobil mengalami overheating dapat diminimalisir.

  1. Melakukan Tune Up Mesin Secara Berkala

Tips untuk merawat mobil klasik yang terakhir adalah melakukan pengecekan atau tune up mesin secara berkala. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui kerusakan mesin mobil klasik. Jika ditemukan kerusakan, maka montir dan teknisi bengkel akan melakukan tindakan servis agar mobil klasik milikmu dapat dikendarai kembali.

Kesulitan-Kesulitan yang Dirasakan oleh Pemilik saat Merawat Mobil Klasik

Setelah mengetahui tips merawat mobil klasik, maka kamu juga harus tahu apa saja kesulitan yang dialami pemilik ketika merawat kendaraan. Sebagai pemilik mobil klasik, tentu terdapat beberapa kesulitan dalam melakukan perawatan.

Mobil-mobil klasik ini cukup sulit karena komponen mobil klasik ini sulit ditemukan. Di Indonesia sendiri, spare part mobil-mobil tua terkadang tidak diproduksi lagi oleh pabrikan. Hanya bengkel mobil tertentu yang masih menyediakan spare part original. Selain itu, proses tune up mobil klasik ini juga cukup sulit.

Sebab, mobil-mobil klasik masih menggunakan teknologi analog. Alhasil, proses tune up pun membutuhkan waktu cukup lama. Sebab, pengecekan mesin kendaraan ini masih dilakukan secara manual. Berbeda dengan mobil-mobil terbaru yang melakukan tune up dengan Electric Control Unit (ECU). Kesulitan selanjutnya ada pada pemilihan bengkel servis mobil klasik.

Di Indonesia, tidak banyak bengkel yang melayani servis atau tune up mobil klasik. Bahkan, beberapa bengkel mobil terbaik pun tidak melayani servis dan tune up mobil klasik. Oleh sebab itu, kamu harus mencari lokasi bengkel terpercaya yang melayani servis serta pengecekan kondisi mesin mobil klasik.

Mobil klasik memang sangat diminati oleh para kolektor kendaraan tua. Hanya saja, masalah perawatan menjadi salah satu masalah terbesar. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik mobil klasik adalah overheating pada mesin. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui beberapa tips merawat mobil klasik agar tidak mengalami masalah overheating.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!