Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar Saat Menerjang Banjir

Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar Saat Menerjang Banjir

Sebagai pemilik kendaraan, kamu harus tahu apa saja penyebab mobil terbakar saat menerjang banjir. Sebab, mobil konvensional ini memang tidak didesain tahan terhadap genangan air cukup tinggi. Alhasil, ada beberapa risiko apabila pengendara nekat menerjang genangan banjir cukup tinggi. Salah satunya adalah mesin mengalami kebakaran.

Bukan tanpa alasan jika mesin terbakar ketika melewati genangan air cukup tinggi. Maka tidak heran jika ada beberapa kejadian mobil terbakar karena pengemudi nekat menerjang banjir. Untuk itu, kamu disarankan untuk tidak melewati genangan banjir yang lebih tinggi dari kap mesin.

Penyebab Mobil Terbakar Ketika Melewati Genangan Banjir

Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan kasus mobil terbakar ketika melewati genangan banjir. Padahal, mobil dinas presiden Jokowi juga melewati banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.

Memang, rata-rata mobil yang dijual di pasaran Indonesia ini mudah rusak karena melewati genangan air banjir cukup tinggi. Namun, untuk mobil dinas Presiden ini dilengkapi spesifikasi mesin khusus. Sehingga, mobil tetap dapat berjalan di tengah kepungan banjir cukup tinggi.

Salah satu penyebab kendaraan yang nekat melewati area banjir adalah masuknya air ke dalam komponen mesin atau yang biasa dikenal dengan istilah water hammer. Water hammer ini adalah kondisi dimana air intake lebih rendah dari genangan air. Sehingga, air intake terlalu banyak menghisap air. Sehingga, bahan bakar akan bercampur dengan air.

Semakin banyak air yang terhisap dan masuk ke komponen bahan bakar, maka mesin akan semakin panas. Alhasil, mesin akan mengeluarkan asap dan api. Maka dari itu, water hammer menjadi satu-satunya penyebab mobil terbakar ketika kamu berkendara di genangan banjir.

Tips Berkendara Saat Melewati Genangan Air Banjir

Ada beberapa tips aman ketika kamu mengendarai mobil di tengah genangan air hujan. Sebab, mobil yang kamu kendarai bisa saja mogok hingga terbakar ketika melewati genangan air banjir. Oleh sebab itu, ada beberapa tips aman saat berkendara saat melewati genangan banjir. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Kondisi Mobil Layak Jalan

Pertama, pastikan mobil yang kamu kendarai tidak mengalami kerusakan pada komponen mobil. Salah satu penyebab mobil terbakar saat banjir karena adanya kerusakan di beberapa komponen tertentu.

  1. Selalu Gunakan Gigi Satu

Kedua, gunakan persneling gigi satu saat melewati jalan yang tergenang. Tujuannya agar air yang masuk ke dalam mesin bisa langsung keluar melalui knalpot. Dengan begitu, mobil yang kamu kendarai tetap dapat berjalan meskipun tergenang banjir.

  1. Cek Bagian Busi dan Koil Mobil

Setelah kamu berhasil melewati genangan banjir, maka cek bagian busi dan koil. Pastikan dua komponen tersebut dalam keadaan kering. Sebab, busi dan koil adalah komponen kelistrikan. Jika kedua komponen tersebut terendam air, maka bisa saja mobil kamu mogok atau mengalami kebakaran pada bagian mesin.

Cara Mengatasi Mobil Terbakar Karena Terendam Air Banjir

Ketika mobil kamu terbakar saat melewati genangan banjir, maka tunggu hingga api padam. Kamu bisa memadamkan menggunakan alat pemadam darurat. Setelah itu, cek bagian kelistrikan kendaraan terlebih dahulu.

Kemudian, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk mengetahui penyebab dari mobil terbakar. Lalu, kamu dapat mengetahui hal-hal yang menyebabkan kendaraan roda empat terbakar. Montir dan teknisi bengkel akan memberitahu kepada kamu apakah mesin dapat diperbaiki atau tidak.

Memang, mobil yang beredar di Indonesia ini tidak didesain untuk menerjang air banjir. Ada beberapa risiko fatal jika kamu nekat menerobos banjir, seperti mogok hingga mesin terbakar. Oleh sebab itu, ketahui penyebab mobil terbakar dan beberapa tips berkendara di tengah banjir.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!