Penyebab Suara AC Mobil Mendecit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Suara AC Mobil Mendecit dan Cara Mengatasinya

Suara AC mobil mendecit merupakan salah satu kerusakan komponen yang tidak boleh dianggap remeh. Sebab, suara-suara tersebut mengganggu kamu ketika berkendara. Sehingga, kamu dapat hilang fokus karena bunyi-bunyi tersebut. Maka, kamu disarankan untuk ke bengkel mobil terdekat guna memeriksa kendaraan.

Munculnya suara-suara mendecit tersebut bukan tanpa alasan. Ada beberapa penyebab komponen AC mobil mengeluarkan suara-suara yang mengganggu. Hanya saja, suara tersebut muncul ketika kamu menyalakan AC mobil saja. Ketika kamu tidak menggunakannya, maka suara mendecit tidak terdengar sama sekali.

Penyebab Utama Suara AC Mobil Mendecit

Memang, munculnya suara-suara bising pada komponen AC mobil ini sangat mengganggu. Sehingga, kamu terasa tidak nyaman saat menggunakan AC agar kabin mobil tetap dingin. Alhasil, kabin mobil terasa panas karena tidak dapat menghidupkan AC. Maka dari itu, ini dia penyebab utama adanya suara mendecit pada AC Mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rusaknya V-Belt Mobil

V-belt (sabuk) mobil rusak menjadi salah satu penyebab utama munculnya suara mendecit ketika AC mobil dinyalakan. Peran V-belt mobil ini sangat penting. Sebab, V-belt ini merupakan komponen yang memutar beberapa jenis mesin pada mobil seperti pompa oli, power steering, hingga kompresor AC. Jika V-belt rusak, maka komponen lainnya pun juga mengalami malfungsi.

  1. Belt Dressing

Belt dressing juga menjadi salah satu penyebab dari munculnya suara mendecit pada ketika AC mobil dinyalakan. Belt dressing ini berupa penumpukan kotoran, baik debu atau kerikil kecil pada pulley rotor AC mobil. Sehingga, kotoran dan batu kerikil tersebut menyebabkan suara-suara bising saat kamu menyalakan AC mobil.

  1. Kurang Tekanan pada Komponen V-Belt

Kurang tekanan atau V-belt kendur juga menjadi salah satu dari penyebab suara AC mobil mendecit. Hal ini menyebabkan komponen pulley rotor AC mobil bekerja ekstra keras. Alhasil, suara mendecit akan muncul ketika kamu menyalakan AC mobil.

Cara Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Suara Mendecit

Ketika mobil yang dikendarai mengeluarkan suara-suara bising saat AC mobil dinyalakan, maka kamu harus segera mengambil tindakan solutif. Tindakan solutif yang diambil juga harus sesuai dengan penyebabnya. Apabila suara-suara tersebut disebabkan oleh kerusakan pada V-belt, maka kamu harus segera membawa kendaraan ke bengkel mobil.

Sebab, komponen V-belt akan diganti oleh montir maupun teknisi mobil. Pemilihan V-belt juga tidak boleh sembarangan. Sabuk mobil tersebut harus sesuai dengan jenis dan tipe kendaraan. Selain itu, pemasangannya pun harus dilakukan secara hati-hati.

Apabila ada kesalahan, maka dapat dipastikan sabuk mobil akan kembali rusak karena gesekan dengan komponen lainnya. Setelah V-belt mobil terpasang, maka jangan lupa cek oli kompresor AC mobil kamu. Hal ini bertujuan agar komponen AC kendaraan tidak mengalami aus maupun berkarat. Sehingga suara AC mobil mendecit tidak terdengar kembali.

Dan jika penyebab suara mendecit disebabkan belt dressing karena banyaknya kotoran pada pulley rotor AC mobil, maka kamu harus segera membersihkannya. Kami sarankan untuk membersihkan pulley rotor ke bengkel mobil. Sebab, tidak semua orang memiliki keahlian untuk melepas komponen tersebut.

Melepas pulley rotor secara mandiri bagi kamu yang tidak mengetahui tentang otomotif ini tentu dapat menyebabkan masalah lain. Dengan bantuan montir dan teknisi mobil, proses pembersihan komponen dapat berjalan lancar.

Beberapa mobil yang kurang mendapat perawatan secara berkala kerap mengeluarkan suara mendecit. Suara tersebut berasal dari komponen AC mobil. Jadi, ketika kamu menyalakan AC mobil, maka suara tersebut akan muncul. Untuk itu, kamu harus tahu penyebab suara AC mobil mendecit dan bagaimana cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!