Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Secara Tepat

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Secara Tepat

Merawat mobil yang jarang dipakai tidak sulit dilakukan sebab berbagai perawatan secara sederhana cukup mudah. Tujuan dari perawatan ini yaitu agar mobil tidak cepat mengalami kerusakan. Sebab kendaraan yang terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan berbagai permasalahan. Mempunyai kendaraan pribadi utamanya mobil menjadi impian banyak orang.

Sering kali orang malas untuk merawat kendaraan yang jarang digunakan, padahal hal tersebut dapat berdampak dalam performa mobil. Di kondisi tersebut pemilik harus benar-benar memberikan perhatian ekstra agar mesin tetap bisa menyala jika nanti ingin digunakan. Itu karena otomotif memang dirancang untuk tetap digunakan.

Agar kondisi mesin tetap prima ada beberapa cara perlu dilakukan untuk menjaganya. Terlebih jika penggunaannya hanya dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu. Banyak alasan menjadi penyebab kendaraan harus didiamkan atau jarang digunakan. Dengan begitu kendaraan menjadi harus didiamkan selama beberapa waktu dan akhirnya malah mengganggu performanya.

Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Secara Mudah

Membiarkan mobil dalam keadaan jarang digunakan dapat menimbulkan permasalahan tersendiri. Itu sebabnya berbagai langkah perawatan sangat dibutuhkan. Salah satu langkah yaitu dengan memastikan kebersihan sebab ketika tidak digunakan akan banyak kotoran serta debu berkumpul. Langkah pembersihan sangat perlu dilakukan. Baik bagian dalam maupun luar perlu dibersihkan secara tepat.

Pembersihan sangat dibutuhkan demi mencegah terjadinya kerusakan terutama pada bagian luar sehingga cat tetap terlihat menarik. Sementara kebersihan bagian dalam perlu diperhatikan sebab dapat menimbulkan berbagai permasalahan jika tidak dibersihkan seperti munculnya jamur. Selain itu, berbagai perawatan lainnya juga dibutuhkan.

Metode dalam merawat mobil yang jarang dipakai lainnya yaitu dengan memeriksa oli. Sebab tidak digunakan pada kurun waktu yang lama maupun sebentar, pengecekan oli tetap harus dilakukan. Saat mobil direncanakan dibiarkan untuk beberapa waktu, oli perlu diisi penuh dengan demikian tidak akan ada ruang kosong.

Keberadaan ruang kosong tersebut bisa menjadi embun sehingga membuat kerusakan pada mesin. Pilihan lain yaitu dengan mengganti oli sebelum digunakan. Selain itu terdapat upaya perawatan lainnya yaitu pemanasan mesin. Meski kendaraan tidak dipergunakan namun pemanasan tetap harus dilakukan secara berkala sebagai upaya pencegahan terjadinya kerusakan mesin.

Melakukan pemanasan kendaraan secara berkala menjadi langkah penting sebab meski tidak digunakan mesin tetap harus dinyalakan agar komponen tetap terjaga. Metode ini juga membantu dalam hal mencegah terjadi korosi pada mesin yang menjadi penyebab berbagai permasalahan.

Pemakaian Mobil Setelah Lama Dibiarkan

Metode merawat mobil yang jarang dipakai yaitu dengan melakukan perawatan secara tepat setelah dibiarkan dalam kurun waktu lama. Cara yang dilakukan diantaranya yaitu memeriksa angin pada ban, komponen listrik serta tidak menggunakan rem tangan. Hal tersebut dilakukan untuk beberapa alasan. Menghindari penggunaan rem tangan setelah kendaraan lama tidak digunakan karena minyak telah menjadi lebih lengket.

Demi mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mobil terutama bagian listrik, ada baiknya untuk tidak memasang kabel aki. Aki sendiri menjadi komponen yang cukup penting dan rawan mengalami kerusakan sehingga keberadaannya harus sangat diperhatikan. Pencabutan dapat dimulai dari kabel negatif dan diikuti ke positif.

Metode untuk menghindari kerusakan setelah ditinggalkan dalam waktu lama yaitu dengan melakukan pengisian bahan bakar secara penuh. Pengisian ini dibutuhkan agar tidak ada embun terjadi yang menyebabkan kerusakan pada tangki. Penurunan kualitas juga dapat terjadi jika volume bahan bakar tidak diisi secara penuh.

Ada cukup banyak cara untuk mencegah kerusakan pada komponen mobil akibat terlalu lama tidak digunakan. Terus merawat kendaraan meski tidak digunakan menjadi upaya paling tepat untuk mencegah kerusakan terjadi semakin parah. Tips merawat mobil yang jarang dipakai sendiri cukup mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!