Cara Menghilangkan Stress agar Tetap Efektif Dalam Bekerja

Cara menghilangkan stress

Setiap orang mungkin memiliki kebiasaan unik tersendiri sebagai cara menghilangkan stress. Namun bagaimana jika opsi Anda untuk menghilangkan stress tersebut sangat terbatas. Tidak perlu khawatir ada beberapa cara paling mudah yang dapat digunakan untuk memitigasi tekanan saat bekerja.

Perlu Anda ketahui bahwa stress dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Volume pekerjaan, tanggung jawab, hingga faktor eksternal lain dapat mempengaruhi efektivitas dalam bekerja. Dengan berbagai faktor tersebut Anda harus memahami secara umum bagaimana memitigasi tensi secara sederhana.

Faktor eksternal yang disebutkan tersebut sebenarnya hanyalah tekanan psikologis dari individu. Jika dilihat dari kacamata biologis sebenarnya stress adalah sebuah kejadian yang terpicu akibat melonjaknya hormon tertentu. Ketiga hormon tersebut adalah adrenal, kortisol, dan norepinefrin.

Apabila seseorang tidak mampu menekan lonjakan ketiga hormon tersebut maka sensasi psikologi yang dirasakan adalah tekanan pada daya pikir. Seseorang dengan kondisi daya pikir yang tertekan inilah yang dinamakan stress. Anda dapat mengontrol ketiga hormon tersebut dengan beberapa cara sederhana.

Metode Pernapasan untuk Menekan Stress Saat bekerja

Tidak banyak yang mengetahui jika ternyata mengatur nafas dengan ritme tertentu dapat digunakan untuk menekan tensi secara cepat. Memang terdapat beberapa anjuran untuk menarik nafas dalam-dalam ketika mengalami stress, namun tahukah Anda apa sebabnya melakukan hal tersebut.

Menarik nafas mendalam memiliki tujuan untuk memaksimalkan asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Oksigen sendiri dalam jumlah tinggi dapat memberikan sensasi relaksasi tinggi bagi manusia. Oleh karena itu dalam penanganan kecelakaan selalu disediakan masker oksigen.

Hal tersebut bertujuan untuk menekan tiga hormon pemacu stress agar tidak melebihi batas. Jadi individu tersebut dapat mengontrol dirinya secara lebih efektif. Secara naluri manusia juga melakukan over oksidasi pada keadaan flight or fight sebagai cara alami menekan hormon tersebut.

Jadi ketika Anda merasa penat saat bekerja lakukan pernapasan secara mendalam selama beberapa menit. Cara menghilangkan stress dengan metode pernapasan ini terbukti sangat efektif dan dapat Anda aplikasikan secara mudah. Anda tidak perlu mencari pelampiasan stress jika oksigen saja sudah mampu menanganinya.

Setelah rasa penat mulai mereda atur pernapasan secara perlahan hingga kembali pada ritme pernapasan normal Anda. Dengan cara ini ketika Anda bekerja dalam tekanan tinggi efektivitas tidak akan terganggu karena dalam waktu singkat saja tensi sudah dapat ditangani.

Lakukan Olahraga Ringan Sebagai Sarana Relaksasi Saat Bekerja

Tidak perlu melakukan lari pagi atau jogging ketika Anda sedang stress bekerja, cukup lakukan peregangan saja sebagai olahraga ringan. Salah satu respon alami tubuh sebagai cara menghilangkan stress adalah melakukan peregangan. Secara sadar atau tidak pasti Anda pernah melakukannya di tengah pekerjaan.

Tubuh melakukan hal tersebut untuk membantu melancarkan peredaran darah. Sekali lagi dengan peredaran darah lancar artinya asupan oksigen ke otak akan semakin baik. Hal ini akan membantu mengurangi stress saat melakukan aktivitas kerja maupun kegiatan lain yang memforsir kemampuan otak.

Lakukan gerakan-gerakan ringan apabila Anda sudah terlalu lama melakukan pekerjaan. Hal tersebut akan membantu tubuh memancarkan kembali peredaran darah yang membawa oksigen ke otak. Apabila Anda terlalu lama duduk maka berdirilah untuk membantu meregangkan otot.

Memang hal ini terdengar sepele namun kebutuhan konsumsi otak akan oksigen tidak dapat berbohong. Apabila pasokan oksigen ke otak tetap lancar berapapun lamanya Anda bekerja tidak akan mengalami stress. Anda juga dapat menambahkan sarana relaksasi lainnya seperti mendengarkan musik.

Namun bagi sebagian orang mendengarkan musik akan mengganggu konsentrasi kerja dan membuat pekerjaan tidak efektif. Oleh karena itu cara paling ampuh adalah dengan memberikan asupan oksigen yang cukup pada otak. Apabila metode alami saja sudah dapat digunakan mengapa harus menggunakan bahan kimia.

Setelah mengerti bagaimana sebuah stress dapat terpicu dan apa saja yang mempengaruhinya pasti Anda dapat menanganinya secara lebih bijak. Tidak perlu pelampiasan tertentu untuk dapat mengontrol tekanan pada pikiran. Manfaatkan pernapasan sebagai cara menghilangkan stress paling mudah saat bekerja.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!