Tips Menurunkan Gula Darah Menggunakan Metode Alami

Tips Menurunkan Gula Darah Menggunakan Metode Alami

Untuk menurunkan gula darah sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara mudah yaitu diet dan olahraga. Anda tidak perlu terlalu takut mengkonsumsi makanan manis untuk menghindari penyakit gula secara dini. Prinsip utamanya adalah pembakaran kalori agar konsumsi gula dapat seimbang dengan aktivitas.

Bagi beberapa orang kata diet mungkin lebih identik dengan menurunkan berat badan. Padahal diet dapat memiliki berbagai tujuan dan tidak hanya sekedar untuk mengecilkan tubuh saja. Justru mengatur pola makan ini adalah kunci utama agar seseorang dapat terhindar dari penyakit gula.

Kadar gula yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari komplikasi diabetes hingga stroke pada usia muda.

Jadi ubah pola hidup Anda mulai sekarang jika tidak ingin menyesal karena sakit pada usia paruh baya. Tidak terlalu sulit sebenarnya menjaga kadar gula agar tetap stabil dalam tubuh. Tanpa adanya gula tubuh juga tidak akan mampu bekerja secara optimal, oleh karena itu jangan anti gula namun menjaga gula.

Diet Paling Tepat untuk Menjaga Kadar Gula dalam Tubuh

Salah satu cara paling mudah bagi orang Indonesia untuk menjaga kadar gula dalam tubuh adalah dengan mengurangi volume konsumsi nasi putih. Budaya makan di negara ini memang tidak pernah lepas dengan konsumsi nasi. Namun tahukah Anda tanpa pembakaran kalori yang seimbang nasi tersebut bisa menjadi sebuah bahaya.

Apabila menoleh kembali pada kultur kerja Indonesia sebelum tahun 90an memang lebih keras dibandingkan dengan sekarang. Jadi apabila Anda adalah seorang pekerja kantoran lebih baik kurangi jumlah nasi dalam porsi makan. Ini adalah cara paling mudah untuk mengontrol asupan glukosa dalam darah.

Lalu bagaimana dengan jumlah kebutuhan karbohidrat tubuh apabila nasi dikurangi. Masih banyak alternatif lain seperti buah dan sayur. Jangan salah dua item tersebut selain sebagai sumber karbohidrat juga mampu menurunkan gula darah. Volume gula dalam sayur dan buah jauh lebih sedikit dibandingkan nasi.

Mungkin tanpa nasi beberapa orang akan sulit merasa kenyang namun ada alternatif lain. Metode pertama adalah makan dengan lambat dan kedua adalah mengganti nasi putih dengan nasi jagung. Makan dengan lambat membantu reseptor otak untuk mengirimkan respon rasa kenyang sebelum Anda mengkonsumsi makanan secara berlebih.

Nasi jagung juga jauh lebih cepat mengenyangkan dengan kadar kalori dan glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih biasa. Dapat diibaratkan jika Anda perlu satu mangkuk nasi putih untuk merasa kenyang maka dibutuhkan setengahnya saja jika menggunakan nasi jagung.

Pola Hidup Sehat untuk Menghindarkan Diri dari Penyakit Mematikan

Di Indonesia sendiri penyakit darah tinggi dan stroke sudah mulai menyerang individu usia muda. Hal ini diakibatkan karena pola hidup kurang sehat yang dijalani oleh individu tersebut. Kurangnya aktivitas yang membakar kalori membuat seseorang sulit menurunkan gula darah dan berakibat pada penyakit mematikan.

Salah satu pola hidup sehat paling mudah dan murah adalah dengan berolahraga. Sempatkan setidaknya 180 menit setiap minggu untuk berolahraga untuk membantu pembakaran kalori dan lemak. Durasi tersebut juga dapat Anda bagi ke dalam beberapa hari sehingga porsi latihan tidak terlalu berat.

Tidak perlu olahraga yang memakan biaya karena jogging sudah cukup untuk membantu tubuh Anda membakar kalori. Usahakan pilih olahraga kardio agar kesehatan jantung juga terjaga. Aktivitas olahraga rutin seperti ini akan sangat membantu jika diimbangi dengan diet yang baik.

Dengan diet dan pola hidup sehat tubuh akan dapat melakukan regenerasi sel secara lebih baik. Akhirnya proses pemecahan gula dapat lebih efektif sehingga kadar gula dalam darah akan lebih terjaga. Tidak perlu anti gula untuk menurunkan gula darah cukup jaga asupan gizi dan berolahraga untuk menyeimbangkannya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!