Manfaat Buah Naga untuk Melawan Penyakit Diabetes

Manfaat Buah Naga untuk Melawan Penyakit Diabetes

Tidak sedikit memang manfaat buah naga yang sering didengar dari beberapa sumber. Namun tahukah Anda bahwa buah unik ini mampu dimanfaatkan untuk melawan penyakit diabetes.

Bagi sebagian orang buah naga memang banyak dikonsumsi karena rasanya yang nikmat. Dibalik kenikmatan tersebut ternyata tersembunyi banyak kandungan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Bahkan rasa manis dari Hylocereus undatus ini dapat menjadi salah satu obat alami untuk diabetes stadium awal maupun kronis .

Oleh karena itu apabila pengidap penyakit diabetes ada baiknya untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Beberapa dokter bahkan menyarankan untuk mengganti asupan gula dengan mengkonsumsi salah satu vegetasi asal tanah meksiko ini.

Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia tentunya ada banyak orang yang ingin mencoba berbagai cara agar terhindar dari diabetes. Berikut ini merupakan penjelasan secara medis mengapa buah naga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode untuk melawan dan mencegah penyakit diabetes.

Kandungan Gizi Buah Naga Dapat Diandalkan untuk Menjaga Kesehatan

Hylocereus undatus banyak mengandung thiamine, riboflavin, dan niacine yang tangguh sebagai pengontrol antioksidan dalam tubuh. Secara umum ketiga kandungan tersebut sulit diserap oleh penderita diabetes. Jadi konsumsi dari tiga elemen tersebut harus ditambah agar penderita memiliki kadar yang cukup dalam tubuh.

Tidak hanya tiga vitamin tersebut, kandungan air juga tinggi sehingga dapat membantu metabolisme tubuh. Pada penderita diabetes asupan air sangat dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Tanpa asupan air cukup maka gula akan semakin sulit dipecah dalam sistem metabolisme tubuh.

Manfaat buah naga ini tidak hanya baik untuk para penderita namun juga dapat digunakan untuk mencegah diabetes. Jadi orang yang tidak mengidap diabetes pun sangat disarankan mengkonsumsinya agar terhindar dari penyakit mematikan ini. Akan lebih baik jika pencegahannya menggunakan cara alami daripada harus mahal mengobati.

Salah satu hal yang membuat tanaman asal Meksiko ini baik dikonsumsi karena rendah kalori. Asupan kalori memang harus diperhitungkan oleh para penderita maupun yang ingin menghindari penyakit tersebut. Tanpa perhitungan secara bijak maka tubuh akan lebih rentan terserang diabetes.

Dengan minimnya kadar kalori seorang penderita penyakit ini dapat mengkonsumsi secara bebas. Hal ini juga didukung dengan glukosa alami yang dihasilkan dari buah sehingga asupan gula bagi penderita tetap terjaga. Memang penderita diabetes harus benar-benar teliti terhadap asupan gula dalam tubuh.

Manis yang Menyehatkan dari Buah Naga Wajib Rutin Dikonsumsi

Para penderita diabetes memang wajib mengontrol asupan gula dalam tubuhnya, dengan cara memilih asupan makanan yang tepat. Buah naga merupakan salah satu opsi bagi para penderita untuk bisa tetap merasakan manis dari makanan. Manfaat buah naga ini memang sangat membantu bagi penderita stadium awal hingga kronis.

Konsumsi karbohidrat dari seorang penderita diabetes akan dipecah menjadi glukosa, jika glokusa yang dihasilkan  dalam jumlah besar akan berakibat buruk bagi penderitanya. Oleh karena itu pemilihan buah sebagai asupan karbohidrat lebih cocok digunakan karena kadarnya lebih rendah.

Jadi para penderita tetap dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat untuk perbaikan sel namun dalam kadar yang terkontrol. Mengapa karbohidrat dari buah naga berbeda dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi atau jagung. Hal tersebut karena dalam setiap gram konsumsi kadar karbohidratnya jauh lebih rendah.

Sehingga meskipun konsumsi buah lebih banyak namun gula yang dihasilkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan nasi atau jagung. Bagi orang yang sehat diet seperti ini juga cocok dilakukan untuk menjaga agar tubuh lebih sehat. Akan lebih sempurna lagi jika dibantu dengan porsi olahraga yang cukup.

Bukankah akan lebih mudah jika Anda mengganti asupan karbohidrat dari nasi dengan buah ini. Tidak perlu lagi harus terlalu teliti menghitung kadar karbohidrat dan kalori harian seperti ketika mengkonsumsi nasi. Manfaat buah naga tersebut dapat dijadikan metode mengontrol gula darah dari pengidap diabetes.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!