Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tidak Rusak

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tidak Rusak

Tips merawat motor saat musim hujan sangat dibutuhkan agar kendaraan tidak mudah mengalami kerusakan. Perawatan pada kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pengendara terutama pada saat musim penghujan. Perawatan perlu dilakukan pada bagian dalam serta luar agar benar-benar terjaga sehingga kendaraan tidak mudah mengalami kerusakan.

Datangnya musim hujan dapat memberikan dampak buruk pada kendaraan sebab memberi peluang air masuk ke dalam mesin sehingga mengganggu performa. Jika kendaraan tidak mendapat perawatan yang tepat maka performa motor dapat mengalami penurunan hingga mengalami kerusakan. Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan performa motor.

Curah hujan cukup tinggi terjadi di Indonesia saat ini, sehingga pemilihan perawatan secara tepat perlu dilakukan. Bagi pengendara mencegah menurunnya performa kendaraan menjadi hal yang harus diperhatikan karena berkaitan dengan keselamatan berkendara. Merawat kendaraan dengan tepat tidak hanya dapat mencegah terjadinya kerusakan namun juga membuat lebih tahan lama.

Merawat Motor Saat Musim Hujan dengan Rajin Pembersihan

Pemeliharaan pertama agar performa motor tidak mengalami penurunan selama musim hujan yaitu dengan mencuci secara teratur. Mencuci dengan benar terutama setelah kendaraan terkena air hujan menjadi hal yang cukup penting. Selain bertujuan agar performa tetap baik, pencucian kendaraan juga membuat tampilan kendaraan tetap menarik.

Membersihkan busi secara teratur menjadi cara lain dalam merawat kendaraan. Busi sendiri merupakan komponen yang cukup penting dalam mesin kendaraan sehingga keadaannya perlu selalu diperhatikan. Agar motor tidak mudah mengalami masalah selama musim hujan maka kebersihan busi harus dijaga dengan baik.

Karet pada penutup perlu dilepas saat motor dibersihkan dan busi ditiup agar tidak ada air yang masuk. Busi merupakan sumber pengapian pada kendaraan bermotor. Itu sebabnya menjaga busi agar tetap kering menjadi cara terbaik merawat motor saat musim hujan.

Selain membersihkan busi dan mencuci motor secara rajin, metode lain dalam merawat kendaraan bermotor yaitu menjaga kebersihan knalpot. Pada musim hujan banyak kotoran yang menempel pada knalpot sehingga perlu dilakukan pembersihan secara tepat. Dengan melakukan pembersihan secara rutin maka sistem pembuangan tidak mengalami kendala.

Memperhatikan Berbagai Komponen Penting Motor

Metode lain dalam merawat motor saat musim hujan yaitu dengan memastikan komponen berfungsi secara tepat. Keadaan ban dan rantai menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan saat motor menerjang air di saat hujan. Jika rantai tidak dibersihkan secara tepat setelah motor terguyur hujan dapat menyebabkan kondisi berkarat atau korosi.

Korosi pada rantai dapat menjadi masalah terlebih rantai tidak memiliki penutup. Pemberian oli secara berkala juga perlu dilakukan karena dengan cara begitu rantai jadi lebih terjaga dan hal lainnya perhatikan pula tingkat ketegangan rantai, upayakan tidak kendur.

Kanvas pada rem juga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan berfungsi baik. Kanvas sendiri merupakan komponen dari asbes dan dapat bergelembung saat terkena air. Jika kanvas tidak segera dibersihkan besar kemungkinan akan menjadi keras saat sudah kering. Itu sebabnya kanvas perlu menjadi perhatian saat musim hujan.

Kanvas rem harus lebih sering diperiksa terutama setelah terkena air. Jika pemeriksaan komponen tidak dilakukan secara berkala terutama pada bagian kanvas maka komponen akan mengalami pengerasan. Bagian cakram rem juga perlu menjadi perhatian sebab dapat sangat mudah kotor setelah terkena air karena cakram terletak pada area terbuka.

Banyak cara serta metode dalam meningkatkan performa motor supaya tidak mengalami penurunan. Dengan begitu kendaraan tidak cepat mengalami kerusakan maupun masalah bahkan ketika cuaca sedang cukup buruk. Merawat motor saat musim hujan jadi hal yang penting agar performa kendaraan tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!