Begini Tips Bersihkan RAM HP Android agar Tidak Penuh

Begini Tips Bersihkan RAM HP Android agar Tidak Penuh

Tips Bersihkan RAM HP Android.

Seperti yang sudah kita ketahui, HP android menjadi salah satu smartphone yang mempunyai pengguna cukup banyak. Bahkan di Indonesia, mayoritas menggunakan ponsel dengan sistem operasi satu ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena Android sudah hadir dengan teknologi dan fitur lebih canggih bahkan dapat disejajarkan dengan iOs.

Kini, berbagai macam produsen smartphone berlomba-lomba untuk menawarkan ponsel dengan teknologi terkini dan lebih canggih. Tetapi kekurangan dari ponsel operasi sistem ini adalah para penggunanya sering mengeluhkan RAM cepat penuh sehingga dapat menganggu kinerja dari smartphone sehingga kurang maksimal. RAM yang cepat penuh inipun ternyata juga akan membuat ponselmu semakin lambat seperti biasanya.

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru berkeinginan mengganti ponsel tersebut dengan yang baru akibat kapasitasnya cepat penuh. Pasalnya ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. untuk kamu yang sudah tidak sabar lagi, berikut beberapa tips membersihkan RAM HP Android paling mudah dan cepat.

Tips Bersihkan RAM HP Android dengan Mudah

Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan RAM hp android dengan mudah adalah sebagai berikut ini:

  1. Periksa dahulu penggunaan memori dan hapus beberapa aplikasi

Tips pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi masalahmu diatas adalah memeriksa dahulu penggunaan memori smartphone. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengklik settings kemudian memori. Disinilah, dapat diketahui jumlah memori yang digunakan pada aplikasi. Pengguna bisa langsung mempertimbangkan untuk menghapus memori penyebab kapasitas RAMmu habis dengan cepat.

  1. Gunakan mode disable application

Adapun tips bersihkan RAM HP android berikutnya yakni dengan memanfaatkan mode disable application. Fitur satu ini terdapat di semua ponsel android. Cara mengetahuinya cukup mudah, kamu bisa langsung pergi ke menu settings atau pengeturan, kemudian klik Apps/Aplikasi. Disinilah, pengguna diberikan kesempatan untuk menghentikan sementara aplikasi didalam smartphone.

  1. Hindari penggunaan live wallpaper

Sebagian besar pengguna android memang sangat suka menggunakan live wallpaper karena membuat ponsel lebih menarik. Tetapi sayangnya, wallpaper seperti itu justru akan memakan ruang memori di ponselmu dalam jumlah besar. bahkan juga berisiko membuat kinerja smartphone semakin lambat. Oleh karenanya cukup beralasan jika penggunaan wallpaper jenis tersebut dihindari.

  1. Manfaatkan keberadaan aplikasi booster

Ada cara lainnya dimana dapat kamu gunakan untuk menghemat ruang pada ponsel yaitu memanfaatkan aplikasi booster. Keberadaan aplikasi tersebut bisa langsung kamu unduh di Google Playstor. Adapun fungsi dari aplikasi tersebut yakni dapat meningkatkan efektivitas dari memori HP. Beberapa jenis aplikasi booster yang dapat diunduh adalah clean master hingga CClenaer.

Cara Lainnya Menghemat Memori RAM Android

Keberadaan ruang penyimpanan RAM yang semakin berkurang memang dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi buruk. Bahkan apabila tidak diatasi dengan segera dapat mengakibatkan ponsel menjadi lemot. Tidak ada salahnya tips dibawah ini juga dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahanan borosnya RAM.

  1. Selalu rutin menghapus cache

Cache sendiri adalah merupakan sampah pada ponsel, cache ternyata mudah ditemukan pada android. Selain itu, keberadaannya ternyata akan menguras ruang penyimpanan apabila dibiarkan menumpuk. Nah, untuk kamu yang tidak ingin ruang penyimpanan RAM penuh, cobalah lebih rutin untuk menghapus cache.

  1. Manfaatkan MicroSD

HP android biasanya memberikan kesempatan tersedianya slot untuk micro SD sebagai ruang penyimpanan tambahan. Nah tips bersihkan RAM HP berikutnya adalah dengan memanfaatkan keberadaan MicroSD. Saat ini, sudah tersedia kapasitas MicroSD cukup beragam.

  1. Hapus foto file download

HP android biasanya mempunyai kemampuan untuk menyimpan semua file yang telah didownload walaupun belum tentu dibutuhkan pengguna. Apabila file yang telah diunduh tersebut dibiarkan menumpuk begitu saja, jelas akan menyebabkan RAM menjadi penuh. Adapun cara menyiasatinya adalah dengan menghapus file download tersebut.

Selain tips diatas, kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan google photos. Keberadaan fitur satu ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto-fotomu secara online dan langsung dicadangkan ke dalam google drive.

Sudah tahukan bagaimana tips bersihkan RAM HP ?  Dijamin ponselmu langsung anti lemot.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!