Mengenal Tanaman English Ivy

Tanaman english ivy (Hedera helix) berasal dari Eropa, ivy merupakan tanaman yang menjalar, kuat, dan tidak terpengaruh oleh musim terus berwarna hijau sepanjang tahun.

Tanaman ini populer juga dengan nama English ivy, tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau dinding luar rumah karena mampu tumbuh merambat naik ke atas pohon atau bangunan sehingga dapat mempercantik tampilan rumah tinggal.english-ivy

Cara Merawat English Ivy

Ketika kita memutuskan untuk memelihara tanaman Ivy, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman tersebut dapat tumbuh subur, diantaranya adalah :

Sinar Matahari

English Ivy mampu tumbuh subur pada lokasi yang teduh dan lembab, atau daerah yang sedikit mendapat paparan sinar matahari, sehingga sangat cocok jika ditanam didalam ruangan menggunakan pot. Pada kondisi lain pertumbuhan tanaman ini sangat cepat, kemampuan menjalar pada permukaan tanah dapat dimanfaatkan untuk menutup permukaan tanah dari tumbuhnya gulma-gulma atau sebagai penahan erosi tanah.

Kebutuhan Air

Ivy cenderung membutuhkan kondisi yang lembab, sehingga perlu diperhatikan media tanam harus memiliki drainase yang baik. Ivy akan mengalami busuk akar ketika media tanam terlalu banyak mengandung air.

Suhu dan kelembaban

Tanaman ivy Inggris dapat tumbuh pada suhu antara 45 dan 80 derajat Fahrenheit. Daunnya akan tetap berwarna hijau tua ketika ditanam dalam suhu konstan dan kelembaban sedang hingga tinggi.

Pupuk

Lakukan pemupukan ivy Inggris setidaknya setiap dua minggu sekali, menggunakan pupuk 20-10-10 (atau formula organik 2-1-1). Jangan gunakan pupuk atau makanan nabati jika tanaman berada dalam situasi stres: terlalu panas, terlalu dingin, atau tanah terlalu kering, atau saat produksi daun terhenti.

Toksisitas Ivy

Semua bagian pada tanaman Ivy beracun dan dapat menimbulkan iritasi kulit, oleh karenanya pastikan lokasi penempatan tanaman ini berada pada daerah aman terutama terhindar dari jangkauan anak-anak. Memakan daunnya dapat menyebabkan timbulnya air liur berlebihan, muntah, diare serta mengigau, halusinasi, ruam, dan demam.

Reproduksi

Penyebaran tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek batang. Gunakan batang sehat sepanjang 4 hingga 5 inci. Celupkan ujung stek ke dalam air dan tunggu akar tumbuh, kemudian pindahkan batang ke pot atau tanah.

Hama dan penyakit umum

Ivy Inggris sering menjadi inang bagi kutu daun dan tungau laba-laba, keduanya dapat disemprotkan dengan air dan dapat dikontrol dengan minyak neem atau sabun repeller. Salah satu obat buatan sendiri untuk kutu daun adalah dengan menyemprot daun dengan campuran sabun cuci piring dan air.

Penyakit yang mempengaruhi ivy termasuk bercak daun bakteri (Xanthomonas) dan busuk akar Rhizoctonia. Bintik daun muncul sebagai bintik hitam atau coklat tua pada daun tanaman. Sayangnya, perawatan terbaik adalah membuang bagian tanaman yang terserang,  lalu semprot bagian yang tersisa dengan campuran air dan cuka dengan perbandingan 1 : 10.

Busuk akar Rhizoctonia biasanya disebabkan oleh cuaca yang hangat dan lembab serta dapat berakibat fatal bagi tanaman yang terinfeksi. Sekali lagi, pengangkatan adalah pengobatan terbaik. Tanaman lain yang tidak terinfeksi dapat diobati dengan fungisida untuk perlindungan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!