Caladium: Mengenal Keladi Sicantik Nan Eksotik

Caladium adalah tumbuhan tropis memiliki daun besar, setipis kertas, memiliki warna dan pola yang menakjubkan, didominasi oleh warna putih, hijau, merah, merah muda berbintik, berurat dan bergaris.

caladium keladiDibalik keindahannya, tanaman ini memang memiliki beberapa kekurangan. Caladium adalah tanaman berumbi yang tumbuh pada daerah teduh dan tidak tahan panas matahari. Selain itu tanaman ini beracun bagi hewan dan manusia.

Perawatan tanaman Caladium

Caladium adalah tanaman musiman mereka tumbuh subur di cuaca panas dan lembap. Saat ditanam di dalam ruangan, pastikan mendapat cahaya sinar matahari yang cukup namun tidak secara langsung, dengan tetap menjaga kelembapan.

Caladium tidak tumbuh lama, keindahan dedaunan keladi hanya bertahan beberapa bulan sebelum daun mulai memudar. Keladi ditanam untuk diambil daunnya, tetapi tanaman ini pun memiliki bunga yang awalnya berbentuk paku. Jika kedapatan memiliki bunga segera potong agar nutrisi dapat diserap untuk daun.

Cahaya

Caladium lebih menyukai tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tanam pada pot agar dapat dipindah-pindah pada kondisi ideal.

Tanah

Media tana yang baik untuk caladium adalam media berdrainase baik, seperti campuran tanah dan sekam yang lembab. Dapat pula menggunakan tanah kebun namun harus diolah dengan baik. PH ideal tanah adalah 5,5 sampai 6,2.

Air

Saat daun muncul di tanaman, sirami sesuai kebutuhan untuk menjaga tanah tetap lembab. Jangan biarkan tanaman mengering. Hentikan penyiraman tanaman saat daun mulai mati. Lanjutkan penyiraman saat tumbuh kembali daun baru.

Pupuk

Pupuk tanaman setiap minggu selama musim tanam dengan pupuk daun cair.

Toksisitas keladi

Semua bagian tanaman keladi beracun. Berhati-hatilah saat Anda memiliki caladium di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan.

Gejala keracunan

Memakan daunnya bisa menyebabkan bengkak, sakit mata, diare, dan muntah pada manusia. Hewan peliharaan, termasuk anjing, kucing, dan kuda, dapat mengalami nyeri dan bengkak di mulut, lidah, dan bibir. Air liur yang berlebihan, kesulitan menelan dan muntah (kecuali pada kuda).

Varietas keladi

Ada banyak varietas umumnya berwarna hijau, merah, merah muda, putih, dan bahkan oranye. Dalam banyak kasus. Hampir semua varietas berasal dari C. bicolor, yang berasal dari Amerika Selatan. Beberapa buku mencantumkan tanaman ini sebagai C. hortulanum.

Reproduksi

Umbi keladi yang sudah matang dapat dipisahkan, pastikan setiap bagian baru umbi berisi setidaknya satu anakan. Di dalam atau di luar ruangan, keladi adalah tanaman musiman, periode istirahat mereka tidak ditentukan oleh suhu atau siklus cahaya, tetapi oleh berapa lama tanaman tersebut tumbuh.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!