Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows 10

cara menghapus malware

Perangkat apa pun yang terhubung ke Internet memungkinkan terkena serangan malware. Mengingat jumlah elemen berbahaya yang tersebar di seluruh web, komputer Anda dapat dengan mudah terinfeksi perangkat lunak perusak. Jika halnya demikian lalu bagaimana menghapus malware ini dari windows?

Anda dapat melakukannya secara manual atau mencari beberapa alat penghapus malware. Bagaimanapun, panduan ini akan membantu Anda membersihkan komputer dan memperbaiki masalah malware.

Apa itu malware?

Malware adalah bentuk singkat untuk merujuk pada malware yang dapat digunakan untuk menginfeksi komputer. Sederhananya: adalah jenis perangkat lunak yang menyebalkan atau merusak, yang menciptakan ancaman keamanan tanpa izin pengguna

Ada banyak jenis malware ini yang sebagian besar cukup untuk memaparkan Anda pada risiko keamanan absolut. Daftar tersebut mencakup virus, spyware, worm, phishing, Trojans, ransomware, backdoors, rootkit, Keyloggers, Grayware, dll.

Tanda-tanda komputer terinfeksi malware

Malware ini dapat melakukan berbagai fungsi, seperti menghapus data sensitif; Enkripsi. Sebuah perubahan. pencurian; Pantau aktivitas pengguna tanpa izin mereka, dan bahkan membajak fungsi komputasi dasar. Jika Anda khawatir untuk mengetahui apakah Anda memiliki infeksi malware pada PC Windows 10 Anda; Simak petunjuk berikut ini.

Tanda-tanda infeksi malware dapat sangat bervariasi berdasarkan aktivitas mengerikan yang Anda lakukan di PC Windows 10. Tanda-tanda itu termasuk kinerja PC yang sangat melambat, dan iklan pop-up yang konsisten dan disengaja. Terkadang sistem yang tidak diinginkan mengalami crash, dan situs web atau program diakses secara otomatis tanpa masukan Anda. Anda juga melihat pemberitahuan kesalahan yang tidak biasa, dan baterai Anda cepat habis.

Hapus adware dan iklan pop-up dari Windows 10

Gejala termasuk ikon yang tidak dikenal di desktop, perlindungan virus dinonaktifkan secara otomatis, dan kehabisan ruang hard disk, tanpa alasan yang tepat.

Jika Anda sudah menghadapi semua masalah ini, kemungkinan besar komputer Anda terpengaruh oleh malware. Satu-satunya cara yang bermanfaat untuk menghapus malware dari Windows 10 adalah dengan menggunakan program anti-malware yang efektif.

Bagaimana cara menghapus malware dari Windows 10?

Langkah 1: Beralih dari PC ke Safe Mode

Safe Mode adalah cara khusus untuk memprediksi masalah sistem kritis, yang mengganggu operasi normal Windows. Oleh karena itu, Safe Mode adalah metode boot alternatif yang memudahkan untuk mendiagnosis infeksi malware. Ada jumlah minimum program dan layanan dalam Safe Mode

Jadi, jika ada malware yang mulai diunduh secara otomatis ke komputer Anda, file yang tidak berfungsi atau tidak berfungsi akan dihapus. Mari kita lihat langkah-langkah untuk mengalihkan PC Anda ke Safe Mode.

  • Untuk ini, masuk ke komputer Windows 10 Anda dan klik tombol “Start” dan tekan “Power”. Tahan tombol Shift dan pilih “Restart”.
  • Dari menu layar penuh, pilih “Troubleshoot” lalu “Advanced Options”, lalu pilih “Startup Settings.” Jadi, setelah di layar pengaturan startup, klik tombol ‘Restart’ dari menu opsi pengaturan.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat jendela dengan opsi bernomor, yang telah diisyaratkan sebagai “Tekan nomor untuk memilih dari opsi di bawah”. Anda dapat memilih nomor “4” (Aktifkan Safe Mode) untuk masuk ke Safe Mode.

Setelah memasuki Safe Mode, Anda mungkin menemukan bahwa sistem Anda berjalan lebih cepat, dan ini semua karena infeksi malware. Namun, malware tetap ada di komputer Anda, lalu ikuti metode selanjutnya.

Langkah 2: Hapus Temporary Files

Selanjutnya, trik mengejutkan adalah menghapus file yang tidak diinginkan atau sementara dari komputer Windows 10. Nah, berikut adalah langkah-langkah sederhana, dengan mengklik beberapa tombol, keajaiban akan terjadi secara otomatis. Untuk ini, kita dapat menggunakan alat Pembersihan Disk bawaan untuk mengosongkan ruang disk dan mempercepat proses pemindaian virus.

Alat Disk Cleanup digunakan untuk menghapus file internet sementara; Bersihkan tempat sampah dan hapus file dump. Mari kita lihat langkah-langkah untuk menghapus file sementara di Windows 10.

Pindahkan kursor ke sudut kanan atas layar, klik “Search”, dan ketik “Disk Cleanup” di kotak pencarian. Setelah berada di alat ini, klik “Free up disk space by cleaning unnecessary files”.

cara menghapus malware dari Windows 10

Anda kemudian akan melihat popup kecil bernama “Disk Cleanup-Drive Selection”. Dari tombol tarik turun, pilih drive yang Anda miliki untuk menghapus file sementara dan klik OK. Sebagian besar file sementara disimpan di “C”

cara menghapus malware dari Windows 10

Sekarang, pilih file yang ingin Anda hapus dari sistem Anda dan klik “OK”. Setelah Anda menekan Ok, Disk Cleanup sekarang akan meminta konfirmasi. Jika Anda ingin melanjutkan, klik “Hapus file” atau klik tombol “Batal” untuk keluar.

Tunggu sampai proses selesai, Disk Cleanup akan menghapus file yang tidak perlu di sistem Anda.

Langkah 3: System Restore Points

Titik pemulihan sistem juga dapat mengandung potensi malware, jadi hapus titik tersebut untuk memastikan semua jejaknya dihapus dari komputer Anda. Untuk amannya, Anda dapat menghapus semua titik pemulihan yang terkena malware.

Untuk melakukannya, tekan tombol “Windows + pause break” untuk membuka jendela Sistem dari Panel Kontrol dan pilih “Perlindungan Sistem”.

cara menghapus malware dari Windows 10

Dari jendela System Properties, pilih drive yang perlindungan sistemnya (Local Disk: C) dan klik “Configure” dan “OK”.

cara menghapus malware dari Windows 10

Tekan tombol “Hapus” untuk menghapus titik pemulihan untuk sistem Anda. Sekarang, jendela dialog konfirmasi kecil akan berlanjut, klik “Lanjutkan” untuk menghapus semua titik pemulihan pada drive yang dipilih.

Langkah 4: Setel ulang pengaturan browser web

Browser adalah pintu gerbang menuju malware. Malware akan memasuki sistem Anda dengan berbagai cara, tetapi sebagian besar browser adalah portal web bersama dengan malware. Pasti ada risiko saat mengunduh file dari situs web tidak resmi atau lampiran dari email yang tidak diinginkan. Selain itu, celah keamanan di perangkat lunak browser web itu sendiri terkadang dapat menyebabkan eksploitasi malware.

Browser Hijackers memasang dirinya sendiri sebagai ekstensi atau ekstensi. Temukan ekstensi browser dan hapus salah satu yang Anda curigai.

Buka Cara mengatur ulang pengaturan browser. Buka Pengaturan> Pengaturan Lanjutan dan klik Atur Ulang Pengaturan Browser.

Anda dapat merujuk ke instruksi penghapusan adware Chrome untuk rincian tentang reset.

Langkah 5: Instal dan Scan menggunakan program anti-malware

Sampai sekarang, saya telah menghapus file yang tidak perlu untuk melindungi komputer Anda dari ancaman. Sekarang saatnya memperbarui atau menginstal program anti-malware untuk menghilangkan sisa malware.

MalwareFox adalah perangkat lunak keamanan andal yang menjanjikan untuk melindungi sistem Anda dan membantu menangani malware dan virus. MalwareFox akan memindai, mendeteksi dan menghapus malware, memberikan perlindungan real-time dan juga melindungi komputer Anda dari malware paling berbahaya seperti Ransomware, Zero Day Attack Protection, Grayware, Keyloggers, dll.

Menghapus malware secara manual bisa menjadi tugas yang membosankan, dan kami membutuhkan banyak waktu dan upaya. Terkadang, Anda mungkin marah jika tidak terlalu tertarik dengan teknologi. Jangan khawatir, MalwareFox akan memindai dan menghapus malware.

Tips tambahan

Karena petunjuk di atas cukup untuk menghilangkan malware, tetapi Anda juga harus memastikan bahwa itu tidak terjadi lagi. Beberapa artikel tambahan ini akan berguna untuk mencegah infeksi malware pada PC Windows.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!