6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Kerjaan numpuk, dikejar deadline eh komputer ikut lambat, lengkap sudah penderitaan.  Artikel ini tentang 6 cara mempercepat kinerja komputer yang dapat Kamu lakukan dan mungkin dapat membantu mempercepat pekerjaanmu. Sebagian besar langkah-langkah ini dilakukan secara gratis karena  aplikasi ini telah terpasang di komputer, simak yuk.

cara mempercepat kinerja komputer

Kosongkan Recycle Bin

Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan Recycle Bin. Cara kosongkan recycle bin Ini mudah dilakukan,  cukup arahkan kursor Anda ke ikon Recycle Bin di desktop, klik kanan dan pilih “Empty Recycle Bin”.

Hapus Cookie

Selanjutnya, buka Internet Explorer Anda, dan buka Alat, Opsi Internet. Klik “Hapus cookie”, lalu “Hapus file.” Di jendela yang muncul, pilih “Hapus semua konten offline” dan klik OK. Setelah selesai, klik “OK” untuk menutup jendela Opsi Internet, dan tutup Internet Explorer.

Disk Cleanup

Kedua langkah sebelumnya ini adalah langkah yang tercepat dan paling sederhana dalam upaya mempercepat kinerja komputer. Selanjutnya kita akan melakukan Disk Cleanup. Untuk melakukan ini, klik Mulai, Semua Program, Aksesori, Alat Sistem, Pembersihan Disk. Fungsi Disk Cleanup sekarang akan mulai menghitung berapa banyak ruang yang dapat Anda kosongkan. Setelah selesai, ini akan memberi Anda daftar file yang akan dihapus. Beberapa file seharusnya sudah dipindai, tetapi Anda dapat menelusuri daftar dan memeriksa semua file yang ingin Anda hapus, lalu klik OK. Disk Cleanup aman dilakukan, karena proses ini berfungsi untuk menghapus file-file sampah yang menumpuk dan juga aplikasi yang bermasalah dan tidak lagi di perlukan .

Disk Defragmenter

Disk defragmenter berguna untuk menyusun kembali file-file dalam disk penyimpanan dan mengurutkannya kembali berdasarkan index sehingga proses pembacaan atau pencarian data dalam disk semakin cepat.  Jika ditemukan kerusakan sector atau daerah penyimpanan pada disk maka secara otomatis akaln dilakukan perbaikan. Proses ini membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga sediakan waktu untuk menjalankan proses ini.

Cara Defragmenter sangat sederhana, buka windows explorer, klik kanan pada drive yang akan diproses, pilih properties, klik tab tools pilih proses yang dikehendaki.

Install Anti Spyware

Sekarang saatnya untuk menjalankan pemindaian spyware. Kebanyakan orang tidak menyadari betapa mudahnya ia dapat terinfeksi spyware, jadi pemindaian berkala sangat disarankan. Anda dapat menggunakan program anti-spyware yang Anda pilih. Sadarilah bahwa tidak ada satu program pun yang menyingkirkan semuanya. Untuk bermain aman, Anda harus menjalankan setidaknya tiga program berbeda. Anda mungkin terkejut dengan apa yang mereka temukan. Mungkin Anda memiliki spyware yang berjalan di komputer Anda dan Anda bahkan tidak menyadarinya. Setelah pemindaian selesai, dan semua spyware telah ditangani, sekarang saatnya untuk mengambil langkah terakhir.

Install Anti Virus

Langkah terakhir ini adalah melakukan scan anti-virus. Mudah-mudahan, Anda memiliki program antivirus yang diinstal di komputer Anda. Jika tidak, saya sangat menyarankan untuk mendapatkannya sesegera mungkin setelah Anda mengatur program antivirus Anda, lanjutkan dan jalankan. Ini bisa memakan waktu mulai dari 20 menit hingga beberapa jam tergantung pada jumlah file di hard drive Anda.

 

Setelah semua langkah selesai,  restart komputer Anda. Sebaiknya ikuti 6 langkah ini setidaknya sekali seminggu (beberapa langkah yang dapat Anda siapkan untuk dilakukan secara otomatis). Dengan melakukan ini, Anda akan menjaga kinerja komputer Anda hampir sama seperti saat pertama kali Anda membelinya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!