8 Tips Agar Wajah Mulus Bebas Jerawat

Memiliki wajah mulus bebas jerawat menjadi idaman hampir semua wanita, namun harapan memiliki wajah mulus bersih bebas jerawat kerap terganggu oleh munculnya komedo dan jerawat.

Penyumbatan pori-pori pada wajah menyebabkan minyak terus menumpuk di bawah kulit. Hal ini menimbulkan pori-pori kulit pecah sehingga sel darah putih masuk dan menyebabkan pembengkakan, yang akhirnya membentuk jerawat dan luka bekas jerawat akan menjadikan wajah terlihat tida mulus.

facial agar wajah mulus bebas jerawat
Ilustrasi: Perawatan wajah dilakukan secara rutin agar wajah sehat dan bersih. (Foto: Jhon Tekeridis)

Tips Mendapatkan Wajah Mulus Bebas Jerawat

Untuk mendapatkan wajah bersih mulus bebas jerawat tentu  harus memiliki ketekunan dalam hal perawatan wajah, karena penyebab wajah nampak kusam dan tidak mulus salah satunya adalah jerawat

Secara umum masalah kulit yang paling sering dialami wajah adalah jerawat. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga tidak bisa dianggap remeh dan harus dibasmi, karena dapat menyebabkan masalah lainnya dan kandasnya harapan memiliki wajah mulus bersih bebas jerawat.

Nah Ladies, bagi kamu yang mendambakan wajah mulus bebas jerawat, simak yuk beberapa tips berikut ini:

Mencuci wajah minimal dua kali sehari

Untuk mencegah dan menghilangkan jerawat diwajah setidaknya membersihkan muka dilakukan dua kali sehari, yaitu waktu pagi dan sore atau sebelum tidur. Mencuci wajah ini bisa mencegah timbulnya minyak dan menumpuknya minyak di wajah. Kalau dalam keadaan panas seperti musim panas atau kemarau disarankan untuk mencuci wajah lebih sering.

Mencuci wajah yaitu dengan cara menggunakan sabun pencuci, tetapi sebelum menerapkan sabun kewajah, cucilah wajah dengan air hangat, karena air hangat bisa membuka pori-pori.

Perlu diketahui ketika membersihkan muka, jangan gunakan sabun tubuh pada muka karena sabun ini bisa menyumbat pori-pori dan memudahkan munculnya jerawat. OK, setelah membersihkan wajah  menggunakan sabun pencuci wajah, cuci kembali wajah anda dengan menggunakan air dingin agar pori-pori wajah anda kembali tertutup.

Melakukan Toning wajah

Untuk wanita perlu melakukan toning wajah, kalau anda lupa melakukan ini maka jerawat akan selalu mengincar wajah anda, toning berguna untuk membersihkan sisa-sia make up dari muka. Jadi kalau anda wanita yang suka make up, jangan lupa melakukan ini sebagai tindakan mencegah dan mengobati jerawat diwajah anda, sehingga wajah mulus bebas jerawat akan didapatkan.

Gunakan pelembab wajah

Fahami jenis kulit yang dimiliki, jika termasuk pada kriteria kulit kering maka anda harus menggunakan pelembab krim ektra, sementara bagi anda yang berkulit berminyak disarankan untuk menggunakan pelembab bebas minyak.

Memperbanyak makan buah-buahan

konsumsi buah-buahan agar wajah mulus bebas jerawat

Buah-buahan adalah makanan sehat bebas lemak, dan sangat bagus dikonsumsi dalam keadaan apapun, termasuk dalam masa-masa menghilangkan jerawat, karena khasiat buah-buahan bisa membuat wajah mulus bebas jerawat dan bersinar.

Hindari Penggunaan Makeup Tebal

Hindari menggunakan make secara tebal, karena ini hanya akan menjadi penyumbat kulit bernafas atau menutup pori-pori kulit sehingga menyebakan kulit kotor dan mudah menjadi sarang bakteri.

Minum air putih yang banyak

perbanyak minum air putih agar wajah mulus bebas jerawat
Ilustrasi: Minum air putih secara rutin akan bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah kulit menjadi cerah

Air bukan hanya sumber kehidupan, tetapi manfaat air putih juga bisa menjadi obat luar biasa dalam menyembuhkan penyakit termasuk menghilangkan jerawat di wajah. Karena air putih bermanfaat untuk mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat dan urin. Disaranakn untuk minuma minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air putih agar wajah mulus bersih bebas jerawat.

Jangan memencet jerawat

Memencet jerawat tidak menuntaskan masalah malah memperbesar masalah, karena akan meninggalkan bekas jerawat secara permanent.

Menggunakan madu murni

Madu diketahui sebagai obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Untuk mengatasi jerawat,  cukup mengoleskan madu pada sekujur wajah kecuali area mata. Tunggu beberapa menit (20 menit) bilas dengan air bersih. Madu biasanya lebih cepat menyembuhkan jerawat dan membuat wajah mulus bebas jerawat.

Itulah 8 Tips Agar Wajah Mulus Bebas Jerawat. Silakan anda terapkan pada wajah anda dan perhatikan selalu hal-hal penitng yang harus anda hindari, sehingga proses penyembuhan jerawat anda lebih cepat. Selamat mencoba dan sukses.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!