Cara Membersihkan Wajah Yang Benar Agar Tampil Cantik dan Tidak Kusam

Cara membersihkan wajah yang benar merupakan hal penting untuk diketahui dan dipahami, terutama untuk mereka yang menginginkan tampil cantik. Betapa tidak, setelah melakukan aktivitas harian wajah harus dibersihkan agar pori-pori bersih dan wajah kembali cerah. Selain itu, kebiasaan membersihkan wajah ternyata juga memiliki segudang manfaat lain diantaranya adalah wajah terhindar dari flek, jerawat dan komedo. Sudah tentu jika membersihkan muka dilakukan dengan cara tepat.

cara membersihkan wajah
Ilustrasi: Kulit wajah cantik, bersih terawat bebas komedo (Foto: Andrea Piacquadio)

Wajah bersih terawat tentu menjadi idaman setiap orang, sehinga untuk mendapatkan wajah cantik, sehat, bersih dan terawat kita rela melakukan berbagai cara mencerahkan wajah. Namun alih-alih  wajah cantik bersih berseri didapat, wajah menjadi iritasi, kusam dan berkomedo karena kesalahan pada cara membersihkan dan tahapan membersihkan wajah.

Dihimpun dari para terapis kecantikan mengenai keluhan klien mereka, diketahui cara membersihkan wajah yang dilakukan secara berlebihan adalah penyebab paling dominan terhadap kerusakan kulit wajah para kliennya. Walaupun mengangkat rias wajah dan membersihkan wajah adalah hal  baik, namun perlu diketahui mencoba mengampelas pori-pori untuk mendapatkan kulit bersih adalah tindakan berlebihan.

cara membersihkan wajah
Ilustrasi cara membersihkan wajah, image fexels

Ok, Ladies untuk mengetahui apa dan bagaimana cara membersihkan wajah, kita simak yuk beberapa hal dibawah ini.

Tips dan Cara Membersihkan Wajah Yang Baik dan Benar

Berikut ini Kabarpilihan.com sajikan tips membersihkan wajah dan cara membersihkan wajah dengan benar dapat dilakukan secara mudah dan efektif, serta apa yang digunakan setelah membersihkan wajah. Berikut ini tips membersihkan wajah:

  • Menggunakan satu produk saja untuk membersihkan muka atau mengangkat rias wajah dan kotoran sepanjang hari.
  • Cara membersihkan muka menggunakan sabun mandi atau sabun yang sangat wangi sangat tidak dianjurkan. Karena dapat menyebabkan  kulit terasa kaku, dan terlalu keras untuk kulit Anda.
  • Cobalah menggunakan produk yang teskturnya creamy yang non-abrasif dan tidak mengandung alkohol. Pilihlah produk berbahan dasar gel atau sesuatu yang bisa dibasuh. Untuk kulit normal seharusnya memilih pembersih dari lotion encer agar mudah dibersihkan.
  • Gerakan membersihkan wajah sebaiknya melingkar dan tidak menarik kebawah, hindari menggosok kulit karena cara membersihkan demikian dapat menimbulkan iritasi kulit.
  • Seberapa sering Anda membersihkan wajah tergantung seberapa kotornya kulit Anda. Waktu yang tepat untuk membersihkan wajah dengan sabun adalah ketika kulit wajah terasa kasar dan terlihat mengilap, cara ini sangat dianjurkan.
  • Cucilah tangan selalu sebelum membersihkan wajah. Mengoleskan krim dengan tangan yang tidak dibersihkan sebelumnya hanya membuang-buang waktu saja.
  • Bilaslah menggunakan air hangat lalu keringkan menggunakan waslap wajah atau handuk kering.
  • Ketika kulit mengalami kekeringan cukup parah, hindari membersihkan wajah menggunakan sabun, dan hendaklah menggunakan pembersih khusus wajah. Paling direkomendasikan diantaranya adalah susu atau ramuan berbahan susu agar mendapatkan hasil memuaskan saat membersihkan wajah.
  • Membersihkan wajah satu atau dua kali sehari, menggunakan  jenis sabun yang tidak cocok akan semakin mengeringkan kulit. Pergunakan sabun berbahan minyak zaitun atau gliserin agar membersihkan atau mencuci muka memperoleh hasil maksimal terutama untuk membersihkan pori-pori tersumbat.
infografis facial wash
Infografis facial wash, Sumber: Therapist Gaya Spa

Cara membersihkan wajah yang benar

Setelah mengatahui tips membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah mengetahui dan memahami  tahapan cara membersihkan wajah, berikut ini cara membersihkan wajah dari Estetiderma :

YouTube video

 

Bagaimana Cara Membersihkan Wajah Secara Alami?

Wajah  kusam mungkin saja terjadi karena wajah tertutup oleh kotoran dan minyak wajah yang berlebih, serta tidak terangkat dengan baik. sehingga wajah terlihat lebih kotor, atau lebih gelap. Kulit kusam akan terlihat seperti wajah tak terpelihara.

mencerahkan wajah
Ilustrasi: Perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami (Foto: Anna Shvets)

Kulit wajah kusam selain terlihat kotor juga dapat menjadikan daerah wajah menjadi kering, disebabkan karena kurang cairan dan akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Masalah kulit kusam banyak dialami pada wanita pada awal masa pubertas karena pada umumnya mereka belum mengetahui cara membersihkan wajah dengan baik. Akan tetapi wanita dewasa juga tidak sedikit mengalami masalah kulit kusam. Hal ini biasa nya akibat dari cara perawatan wajah yang tidak cocok, terlalu banyak menggunakan zat-zat kimia, atau karena pengaruh lingkungan.

Oleh sebab itu sebelum membersihkan wajah menggunakan zat-zat kimia, ada baiknya kita mencoba cara alami membersihkan wajah untuk mendapatkan kulit wajah cerah. Cara membersihkan wajah secara alami dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

Daun Jambu Biji

Selain buahnya, bagian lain yang memiliki khasiat adalah bagian daun. Daun jambu biji memiliki khasiat menghilangkan bintik hitam pada kulit.

Berikut ini cara membuat masker berbahan dasar daun jambu biji:

  • Tumbuk daun jambu biji kering hingga halus.
  • Campur tumbukan daun jambu biji dengan air hingga menyerupai bubur
  • Oleskan masker daun jaumbu pada area kulit yang bermasalah.

Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sifat antioksidannya ternyata mampu melindungi kulit dari radikal bebas serta paparan sinar matahari. Untuk meperoleh manfaatnya, perbanyak mengkonsumsi buah tomat atau menggunakannya sebagai masker.

Masker tomat dipercaya dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah, menyamarkan noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan minyak, serta membantu mencegah penuaan. Cara membuatnya pun mudah karena hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana.

Kunyit

Kunyit memiliki khasiat menghilangkan flek hitam dan mencerahkan wajah serta memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Berikut ini cara membuat masker kunyit:

  • Tumbuk 2 sendok makan kunyit hingga halus
  • Lalu campurkan dengan air perasan jerek lemon
  • Oleskan pada area yang bermasalah.
  • Diamkan selama beberapa menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Beras

Cara membersihkan wajah berikutnya dapat menggunakan air beras, kandungan asam ferullic dan allantoin pada beras berkhasiat dapat melindungi kulit dan membuat kulit lebih cerah.

Cara membuat masker beras:

  • Endapkan sisa air cucian beras, lalu gunakan sebagai masker.
  • Diamkan hingga 25 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Putih Telur

Putih telur mengandung banyak nutrisi mulai dari protein, vitamin, mineral, kalsium, folat, dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk muka. Anda perlu mencoba membuat masker putih telur agar pori-pori mengecil, kulit semakin kencang dan mencegah penumpukan sebum.

Pepaya

masker pepaya

Pepaya dapat mencerahkan serta menghilangkan flek hitam pada wajah serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Berikut adalah cara membuat masker pepaya:

  • Blender pepaya matang (tanpa biji)
  • oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas hingga bersih.
  • lakukan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Alpukat

Penggunaan alpukat juga bisa menjadi cara membersihkan wajah kusam akibat panas matahari dan menumpuknya kotoran pada wajah.

Berikut adalah cara membuat masker alpukat:

  • Blender alpukat matang
  • oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas hingga bersih.
  • Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Es Batu

Cara membersihkan wajah menggunakan es batu
Ilustrasi: Cara membersihkan wajah menggunakan es batu, Image By Maria

Es batu juga bisa di gunakan untuk membersihkan wajah kusam. Karena es batu tidak hanya membuat dingin, tetapi juga bisa membersihkan wajah dengan baik. pori pori yang membesar juga bisa di atasi dengan digosokkan secara perlahan ke wajah.

Lidah Buaya

masker lidah buata
Ilustrasi: Membuat masker untuk perawatan wajah menggunakan bahan dasar lidah buaya

Cara membersihkan wajah kusam juga bisa dengan menggunakan lidah buaya. Karena lidah buaya selain memiliki kandungan vitamin e berkhasiat melembabkan kulit, juga mengandung aleosin, zat penghambat terbentuknya melanin penyebab wajah menghitam.

  • Belah lidah buaya dan ambil gelnya.
  • Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 20 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan pagi dan sore untuk hasil maksimal.

Bengkuang

Bengkuang paling sering ditemukan pada masker berbahan dasar alami. Hal ini dikarenakan bengkuang kaya akan vitamin B dan C yang dikenal dapat memutihkan wajah.

Berikut adalah cara membuat masker bengkuang:

  • Parut bengkuang secukupnya
  • Campur hasil parutan dengan air, lalu peras.
  • Oleskan hasil perasan bengkuang pada wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 25 menit
  • Jika selesai bilas dengan air bersih.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun sangat populer didunia kesehatan, selain itu kandungan Vitamin E, D, A, dan K  pada minyak zaitun pun dapat digunakan pada perawatan kulit karena dapat memutihkan kulit wajah dengan cepat.

Berikut adalah cara membuat masker minyak zaitun:

  • Campurkan minyak zaitun dan putih telur secukupnya
  • Aduk hingga merata.
  • Oleskan pada area wajah lakukan pijat secara perlahan
  • Diamkan selama 20-25 menit.
  • Bilas hingga bersih.

Selain putih telur, campuran minyak zaitun dapat menggunakan yoghurt.

Yoghurt

masker yoghurt
Ilustrasi: Yoghurt digunakan sebagai masker pada perawatan wajah (Foto: Shiny Diamond)

Yoghurt memiliki kandungan kalsium dan zinc, vitamin B dan asam laktat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, kulit kering dan dehidrasi.

Selain itu, ada pula kandungan zinc bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Berikut adalah cara membuat masker yoghurt:

  • Siapkan yoghurt segar dan murni.
  • Oleskan pada wajah dan lakukan pijatan lembut
  • Diamkan 5 sampai 10 menit.
  • Bilas dengan air hangat setelah selesai.

Bagaimana Cara Agar Kulit Tidak Kusam?

Cara mencerahkan wajah agar tidak kusam adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, lalu mencari cara untuk mengatasinya dengan cara melakukan perawatan sehari-hari yang mudah dilakukan hingga menggunakan bahan alami untuk dapat mengatasi kulit kusam.

Berikut ini adalah cara agar wajah tidak kusam secara umum :

Tabir Surya

Penggunaan tabir surya wajib di gunakan pada seseorang yang selalu memiliki aktifitas keseharian diluar ruangan. Karena tabir surya bisa menjaga kelembaban kulit dari matahari dan juga panas yang dapat membakar.

Hindari Stress

Hindari stress
Ilustrasi: Hormon Kortisol yang dilepaskan tubuh saat Anda merasa stres dapat menyebabkan perubahan fisiologis yang berdampak negatif pada kulit wajah (Foto: Andrea)

Stress dapat menjadi penyebab kulit kusam, cara mengatasi nya adalah dengan menjaga emosional serta menjaga tingkat kesenangan. Misal nya dengan cara melakukan perjalanan liburan. Selain itu stress juga bisa menyebabkan penuaan dini.

Makanan Sehat

Konsumsilah makanan sehat agar tubuh tetap sehat dan segar, dengan cara banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan juga buah, terutama yang memiliki banyak air di dalam nya agar wajah tampak sehat dan cerah.

Hindari Tidur Larut Malam

Tidur larut malam dan harus bangun pagi keesokan hari nya akan membuat kualitas tidur tidak bagus. Sehingga akan merasakan kurang tidur. Dan kurang tidur akan mengganggu kulit, dan bisa menyebabkan kulit kusam.

Olah Raga

Selain di dapatkan dari makanan sehat, wajah terlihat segar bisa di dapatkan dari olahraga teratur. Olahraga dapat dilakukan dengan cara melakukan jalan kaki sehingga tubuh akan sehat dan bugar, dan selain itu kulit juga tidak akan kusam.

Air Putih

Cara lain agar wajah tidak kusam adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih ntuk tubuh. kekurangan cairan akan menyebabkan kulit menjadi kering dan juga kusam. Sehingga penting sekali untuk minum air putih dengan cukup. Cara membersihkan wajah kusam juga bisa di dapatkan dari mengkonsumsi air putih yang cukup.

Tetap berhati sebelum menggunakan masker atau produk apa pun pada wajah. Meski menggunakan masker berbahan dasar alami tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan specialist kulit tentang cara membersihkan wajah  agar dapat membantu dalam menentukan masker sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Dengan demikian manfaat masker untuk mencerahkan wajah bisa Anda dapatkan secara efektif, optimal, dan tetap aman.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!