Peneliti Temukan Cara Tumbuhkan Gigi yang Ompong

Kehilangan gigi adalah salah suatu mimpi buruk yang paling umum dikhawatirkan oleh setiap orang. Ini juga merupakan bagian dari kehidupan bagi banyak orang, apakah itu akibat dari usia tua, nasib buruk atau kurangnya menjaga kebersihan gigi.

gigiNamun kini ada kabar baik, pasalnya para peneliti dari Kyoto University dan University of Fukui tengah mengembangkan obat yang mampu meregenerasi atau menumbuhkan lagi gigi yang tanggal. Sehingga mungkin akan menggantikan metode implan dan gigi palsu.

gigi palsu

Dilansir dari jurnal Science Advances, penelitian ini menunjukkan bagaimana antibodi untuk kepekaan rahim terkait gen-1 (USAG-1) dapat memulai pertumbuhan gigi. Penelitian dilakukan pada tikus yang menderita agenesis gigi, kondisi bawaan.

Ini mencatat: ‘Hasil kami menunjukkan bahwa USAG-1 mengontrol jumlah gigi dengan menghambat perkembangan potensi kuman gigi pada tikus jenis liar atau mutan yang hilang gigi.’

Rata-rata orang dewasa manusia memiliki 32 gigi di mulut mereka. Namun, sekitar 1% dari populasi memiliki kurang atau lebih karena kondisi bawaan, yang menurut para ilmuwan mungkin menjadi alasan untuk dapat menemukan obatnya.

takahashi-stimulate-tooth-growth
Pada tikus kekurangan USAG-1, antagonis BMP, nampak pertumbuhan gigi (Kyoto University/Katsu Takahashi)

Katsu Takahashi, seorang penulis utama dalam penelitian ini bersama dan dosen senior di Sekolah Pascasarjana Kedokteran Universitas Kyoto, mengatakan, ‘Kami tahu bahwa menekan USAG-1 menguntungkan pertumbuhan gigi.”

Para peneliti menemukan keberhasilan setelah melakukan uji coba pada tikus¬† dan musang. Tikus dan musang memiliki pola gigi yang mirip dengan manusia. Rencana kami selanjutnya adalah menguji antibodi pada hewan lain seperti babi dan anjing,” kata Takahashi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!