Google Hapus 21 Aplikasi Android Berbahaya, Ini Daftarnya

Google baru-baru ini telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah aplikasi berbahaya yang ditenggarai merugikan penggunanya, dari Play Store.

aplikasi berbahaya android
Temuan Avast menyebut, ada 21 aplikasi berbahaya yang mengandung adware dan melemahkan kinerja smartphone

Upaya Google ini dilakukan seiring dengan banyaknya malware jahat. Dengan semakin maraknya aplikasi seperti ini hendaknya para pengguna smartphone Android lebih berhati-hati ketika menginstal aplikasi baru.

Dalam beberapa bulan terakhir perusahaan Cyber Security ini telah mendeteksi sejumlah aplikasi yang kemungkinan tertanam script Adware Wave. Hal ini sebenarnya bukan hal baru, karena fenomena Adware yang berbahaya ini sudah ada sejak lama dan tersebar di berbagai macam perangkat lunak seluler seluruh dunia

Dikutip dari laman Phone Arena, Avast telah memiliki daftar beberapa aplikasi yang harus dihindari karena diklaim adanya adware berbahayapadaaplikasi tersebut, berikut ini daftarannya:

  1. Shoot Them
  2. Crush Car
  3. Rolling Scroll
  4. Helicopter Attack – New
  5. Assasain Legend – 2020 New
  6. Helicopter Shoot
  7. Rugby Pass
  8. Flying Skateboard
  9. Iron It
  10. Shooting Run
  11. Plant Monster
  12. Find Hidden
  13. Find 5 Differences – 2020 New
  14. Rotate Shape
  15. Jump Jump
  16. Find the Differences – Puzzle Game
  17. Sway Man
  18. Desert Against
  19. Money Destroyer
  20. Cream Trip – New
  21. Props Rescue

Dari daftar tersebut aplikasi yang berisikan Adware berbahaya didominasi oleh aplikasi kategori “games”. Para pengguna smartphone Android banyak yang terkecoh dengan tayangan iklan aplikasi-aplikasi tersebut dan jika sudah di instal, mereka akan mulai menyerang pengguna smartphone dengan tayangan iklan didalamnya bahkan ada juga iklan yang muncul di luar aplikasi.

Ciri-Ciri Aplikasi Berbahaya:

1. Tidak ada di Google Play Store

Google Play adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google, berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android.

2. Izin Pemasangan Aplikasi Yang Mencurigakan

Waspadai ketika melakukan penginstallan dan kemudian aplikasi meminta izin untuk sesuatu hal yang tidak berhubungan dengan aplikasi. Misal untuk menginstal aplikasi kalkulator dan kemudian apliksi meminta izin untuk dapat membaca kontak, akses lokasi atau pun membuat koneksi internet, ada kemungkinan besar aplikasi tersebut berbahaya untuk anda.

Jadi, bijaklah dalam memilih aplikasi yang akan di instal agar smartphone anda bisa terhindar dari serangan adware, ransomware, spyware, trojan maupun virus. Langkah awal yang bisa anda lakukan sebelum menginstal aplikasi tersebut adalah membaca ulasan-ulasannya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!