Cara Menggunakan Two Factor Authentication di Twitter

Two Factor Authentication di Twitter
Gambar: TapSmart

Two factor authentication (2FA) faktor adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun Twitter Anda. Selain memasukkan kata sandi, Anda juga harus memasukkan kode atau menggunakan kunci keamanan untuk masuk pada akun Anda. Langkah tambahan ini membantu memastikan bahwa akun Anda hanya dapat diakses oleh Anda semata.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda akan memerlukan kata sandi serta metode masuk kedua –– baik dengan kode, konfirmasi masuk melalui aplikasi, maupun kunci keamanan fisik untuk masuk ke akun.

Twitter sebenarnya telah memiliki Two factor authentication (2FA) selama bertahun-tahun, namun perusahaan mengumumkan pada hari Kamis bahwa pengguna sekarang dapat menggunakan fitur 2FA tanpa menautkan nomor telpon mereka ke akun twitter pengguna.

Kayvon Beykpour men-tweet bahwa pengguna yang telah menautkan nomor telpon ke akun twitter dapat kemudian menghapusnya jika fasilitas ini telah diaktifkan.

 

Cara menggunakan Two factor authentication di Smartphone Android dan iOS iPhone

  1. Di menu bagian atas, Anda akan melihat ikon menu navigasi atau ikon profil. Sentuh ikon mana pun yang ada, kemudian pilih Pengaturan dan privasi.
  2. Sentuh Akun, lalu sentuh Keamanan.
  3. Sentuh Autentikasi dua faktor.
  4. Ada dua metode yang dapat dipilih: SMS atau Aplikasi autentikasi.

Catatan: Anda juga akan melihat pilihan ketiga, yaitu Kunci Keamanan. Meski pilihan ini hanya dapat dinyalakan dan digunakan di twitter.com lewat komputer, Anda dapat mematikan metode ini di Twitter untuk iOS kapan saja.

Untuk mendaftar melalui SMS:

  1. Sentuh kotak centang di samping SMS.
  2. Baca petunjuk ikhtisar, lalu sentuh Berikutnya.
  3. Masukkan kata sandi Anda, lalu sentuh Verifikasi.
    Catatan: Jika Anda belum memiliki nomor ponsel yang dikaitkan dengan akun Anda, kami akan meminta Anda memasukkannya. Selain itu, Anda bisa saja tidak memilih opsi yang mengizinkan kontak Anda untuk menemukan Anda di Twitter.
  4. Setelahnya, kami akan meminta Anda untuk memasukkan kode konfirmasi yang kami kirim lewat SMS. Ketik atau tempelkan kode, Anda akan melihat layar konfirmasi dengan kode cadangan. Sebaiknya Anda menyimpan gambar layar kode apabila Anda perlu menggunakannya nanti. Tindakan tersebut akan membantu Anda mengakses akun jika ponsel hilang atau mengganti nomor.
  5. Sentuh Paham ketika proses di layar ini sudah selesai.

Kini, saat Anda masuk ke akun di twitter.com, Twitter untuk Android, atau mobile.twitter.com, kode enam digit akan dikirim lewat SMS ke ponsel Anda untuk digunakan saat hendak masuk.

Untuk mendaftar lewat aplikasi autentikasi:

  1. Sentuh kotak centang di samping Aplikasi autentikasi.
  2. Baca petunjuk ikhtisar, lalu sentuh Mulai.
  3. Jika diminta, masukkan kata sandi Anda dan sentuh Verifikasi.
  4. Anda akan diminta untuk menautkan aplikasi autentikasi ke akun Twitter Anda dengan memindai kode QR. (Jika Anda belum menginstal aplikasi di perangkat, Anda harus mengunduhnya. Anda dapat menggunakan aplikasi autentikasi kata sandi sekali pakai berbatas waktu (Time-based One Time Password/TOTP) apa pun seperti Google Authenticator, Authy, Duo Mobile. 1Password, dll.)
  5. Setelah Anda memindai kode QR, sentuh Berikutnya.
  6. Masukkan kode yang dibuat oleh aplikasi autentikasi, lalu sentuh Verifikasi.
  7. Anda akan melihat layar konfirmasi. Sentuh Paham untuk menyelesaikan pengaturan.

Kini, lewat aplikasi autentikasi, Anda dapat melihat dan menggunakan kode untuk masuk ke akun Twitter Anda.

Cara menggunakan Two factor authentication di Windows PC / Laptop

  1. Di menu samping, klik Selengkapnya, lalu klik Pengaturan dan privasi.
  2. Klik pengaturan Akun lalu klik Keamanan.
  3. Sentuh Autentikasi dua faktor.
  4. Ada tiga metode yang dapat Anda pilih: SMS, Aplikasi autentikasi, atau Kunci keamanan.

Jika Anda mendaftar autentikasi dua faktor sebelum 21 Maret 2016:

Saat Anda masuk ke akun di twitter.com atau di perangkat lain menggunakan Twitter untuk iOS, Twitter untuk Android, atau mobile.twitter.com, notifikasi push mungkin dikirim ke ponsel Anda. Buka notifikasi push untuk menyetujui permintaan masuk. Setelah menyetujuinya, Anda akan segera masuk ke akun Anda di twitter.com.

Anda juga dapat menerima kode masuk melalui pesan SMS. Anda dapat memilihnya dengan mengeklik minta kode yang dikirim ke ponsel Anda melalui SMS saat masuk ke akun di twitter.com.

Catatan: Anda juga dapat menyetujui atau menolak permintaan masuk dari aplikasi dengan menyentuh Keamanan, lalu menyentuh Permintaan Masuk. Tarik daftar ke bawah agar diperbarui untuk permintaan baru. Permintaan akan muncul di layar ini meskipun Anda tidak menerima notifikasi push.

Cara mematikan autentikasi dua faktor:

  1. Di menu bagian atas, sentuh ikon profil Anda, lalu sentuh Pengaturan dan privasi.
  2. Sentuh Akun, lalu sentuh Keamanan.
  3. Sentuh Autentikasi dua faktor.
  4. Sentuh kotak centang di sebelah metode autentikasi dua faktor yang Anda pilih untuk mematikannya.
  5. Sentuh Matikan untuk mengonfirmasi pilihan anda.

Sumber: Twitter

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!