Cara Registrasi Vaksinasi Covid-19 Melalui WA

Registrasi Vaksinasi Covid-19
Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, Senin (18/1). Foto: ANTARA

Para tenaga kesehatan (nakes) kini bisa mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi COVID-19 melalui layanan registrasi lewat Chatbot WhatsApp (WA) di nomor 081110500567.

Layanan ini adalah hasil Kolaborasi antara Kementerian Kesehatan dengan WhatsApp, ini bertujuan memudahkan layanan registrasi vaksinasi bagi para tenaga kesehatan.

Setelah terverifikasi, nakes bisa mendaftarkan diri untuk membuat janji dengan fasilitas kesehatan sekitar serta mendapat konfirmasi waktu dan tempat vaksinasi.

Berikut ini cara registrasi untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 melalui Chatbot WhatsApp 081110500567:

  1. Ketikan kata kunci ‘Vaksin’ pada laman pesan singkat nomor WhatsApp vaksinasi Kemenkes. Kemudian akan muncul konfirmasi apakah penerima vaksinasi adalah nakes.
  2. Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.
  3. Chatbot akan mengkonfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.
  4. Berikutnya Chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi.
  5. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Selain melalui chatbot WA, Para tenaga kesehatan juga dapat melakukan pengecekan di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, tenaga kesehatan diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Kementerian Kesehatan juga menyediakan channel registrasi vaksinasi COVID melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9.

Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap, masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya.

Pemerintah juga menjamin keamanan data penerima vaksinasi COVID-19 sesuai peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!