Mengenali Gejala Radang Tenggorokan Pada Balita

radang tenggorokan
ilustrasi: enkimd.com

Radang tenggorokan merupakan gejala yang sering dialami baik oleh orang dewasa ataupun balita, terutama jika kondisi tubuh balita sedang tidak fit dan daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya gejala radang tenggorokan harus dicermati, agar dapat segera melakukan tindakan pengobatan yang tepat untuk membantu si kecil mengatasi gejala yang sedang dirasakannya.

Penyebab dari radang tenggorokan umumnya adalah virus, tetapi bakteri dan jamur juga berpotensi menyebabkan radang tenggorokan. Meskipun radang tenggorokan yang disebebkan oleh virus dapat hilang dengan sendirinya manakala daya tahan tubuh si penderita mulai membaik, namun bunda tetap harus mewaspadai dan mengenali gejala radang tenggorokan pada balita agar bunda dapat melakukan langkah penanganan yang tepat.

Memahami dan Mengenali gejala radang tenggorokan pada balita

Lalu apa saja gejala dari radang tenggorokan tersebut terutama jika berhubungan dengan balita?
Berikut beberapa gejala yang perlu bunda waspadai dalam kaitannya dengan radang tenggorokan pada balita:

  1. Demam
  2. Nafsu makan berkurang atau tidak mau makan sama sekali dan minum. Hal ini umumnya dikarenakan rasa nyeri yang ia rasakan pada saat menelan
  3. Terjadi pembesaran di daerah leher terutama pada kelenjar getah bening Tenggorokan terlihat lebih tebal dan merah
  4. Warna rongga mulut terlihat lebih merah seta muncul bercak-bercak putih yang berupa bintik-bintik

Jika si kecil mengalami gejala di atas dapat dipastikan bahwa ia sedang mengalami radang tenggorokan. Bunda tidak perlu terlalu kuatir karena pada bayi dan balita, umumnya radang tenggorokan akan berlangsung antara 3 hingga 4 hari. Jika ternyata setelah lebih dari 5 hari gejalanya tidak hilang dan malah timbul gejala lain seperti ruam di kaki, tangan maupun perutnya, sebaiknya bunda memeriksakan si kecil ke dokter.

Penanganan Radang Tenggorokan

Langkah apa yang harus bunda lakukan ketika si kecil terindikasi menderita radang tenggorokan? Berikut langkah-langkah yang perlu bunda lakukan untuk membantu si kecil meringankan sakit tenggorokan yang dialaminya:

  1. Usahakan terus memberikan sebanyak mungkin cairan pada si kecil. Cairan yang bunda berikan bisa berupa air putih, susu, atau jus buah.
  2. Untuk meredakan demamnya bunda bisa mengompres si kecil atau memberikan parasetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  3. Berikan asupan gizi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Menyuapi si kecil dengan makanan berkuah dan segar seperti sup akan lebih memudahkan si kecil pada waktu menelan.

Semoga bunda dapat segera mengenali gejala radang tenggorokan pada balita bunda dan melakukan penanganan yang tepat sehingga si kecil cepat sembuh dan sehat kembali.

Related Posts

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!