Bunda, Begini Tips Merawat Balita Sakit

cara merawat balita sakit

Kabar pilihan – Jangan takut dan bingung ketika balita sakit! Usahakan kita sebagai orangtua mampu mengendalikan emosi dengan meredam rasa panik yang berlebihan ketika mengetahui si buah hati sakit. Hadirkan rasa nyaman dan tenang pada diri, sehingga kita mampu berfikir jernih untuk melakukan langkah selanjutnya. Berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan pedoman ketika merawat balita sakit :

  1. Ketika balita mengalami demam tinggi sebagai gejala awal prodromal jangan langsung panik. Demam bukan penyakit namun merupakan alarm bahwa telah terjadi sesuatu dalam tubuh. Fikirkan penyebabnya bukan mematikan alarmnya. Demam adalah suhu tubuh diatas 37 derajat celcius untuk waktu minimal 1×24 jam. Sebagian besar demam pada anak disebabkan oleh infeksi. Selama infeksi masih terjadi, maka demam masih berlanjut.
  2. Amati perilaku balita sakit dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Melalui observasi gelala yang ditimbulkan kita bisa segera mengetahui penyakit apa yang sedang menghampiri si buah hati. Jangan sampai terjadi dehidrasi pada anak, berikan ekstra minuman untuk pencegahannya.
  3. Kompres dengan air hangat, atau
  4. Balurkan bawang merah tumbuk yang dicampurkan oleh minyak telon/kayu putih pada bagian dada, kepala sekitar ubun-ubun, dan telapak kaki.
  5. Rendam tubuh balita dalam air dengan suhu sehangat suhu tubuh anak.
  6. Suhu ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin dan jangan memakaikan pakaian yang tebal pada anak.
  7. Jika demamnya tinggi, berikan obat penurun panas seperti parasetamol dosis rendah, gunanya untuk menurunkan sedikit suhu tubuh bukan menormalkannya. Jangan berikan 2 macam obat demam.
  8. Hubungi dokter jika :
  • Terjadi demam diatas 37 derajat celcius.
  • Kondisi anak mulai memburuk.
  • Demam sudah berlangsung selama 72 jam.
  • Tidak mau minum dan mengalami dehidrasi.
  • Rewel dan menangis terus menerus.
  • Kejang.
  • Sakit kepala hebat yang menetap.
  • Sesak nafas.
  • Muntah, diare terus menerus.

Merawat balita sakit memang tidak mudah, harus memiliki ekstra kesabaran yang cukup tinggi. Namun jika kita mau mengikuti beberapa tips diatas, Insya Allah semua akan terkendali, berjalan dengan lancar dan baik. Selamat mencoba!!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!