Mengenali Gejala Demam Pada Balita

demam pada anak

Demam pada balita adalah kondisi yang normal. Hampir semua anak pernah mengalaminya, baik setelah mendapatkan imunisasi atau ketika kekebalan tubuh sedang menurun. Bagaimana mengenali gejala demam pada balita? Suhu tubuh yang normal adalah 37 derajat celcius. Ketika suhu tubuh meningkat di atas angka itu, maka seseorang bisa disebut demam.

Demam kadangkala terjadi pada anak yang baru lahir. Hal ini dikarenakan anak biasanya mengalami ketidakseimbangan secara psikologi, ketidaknyamanan dan dehidrasi. Meskipun banyak balita mengalami demam, sistim kekebalan tubuh mereka akan melawan demam ini dari serangan bakteri dan virus.

Menurut penelitian, demam pada bayi yang baru lahir itu tidak menular, tidak seperti yang diperkirakan orang lain. Demam hanyalah sebuah tanda dimana ada ketidakseimbangan di dalam tubuh anak.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk mengenali gejala demam pada balita seperti berikut ini :

  1. Periksa temperatur tubuh anak, bila terdeteksi ada peningkatan suhu tubuh maka anak Anda kemungkinan mengalami demam.
  2. Jika anak tidak bisa berhenti menangis karena dia merasa tidak nyaman dan badannya tidak enak.
  3. Jika anak Anda terlihat lesu ketika terbangun dan memiliki pola tidur yang tidak teratur, inilah salah satu gejala anak terkena demam.
  4. Jika Anda melihat ada bercak seperti bekas memar berwarna merah di kulit anak yang membuatnya merasa tidak nyaman dan sakit bila disentuh.
  5. Ketika anak sulit bernafas dan hidung seakan tersumbat.
  6. Warna kulit anak juga akan mengalami perubahan jika mereka mendapatkan demam. Apakah semakin pucat atau malah membiru.
  7. Anak akan kehilangan selera makan dan mengalami dehidrasi ketika suhu tubuh meningkat. Mereka menolak diberi susu dan tampak lemah kurang bergairah.
  8. Anak akan muntah-muntah karena kesulitan menelan. Ini adalah gejala anak mengalami demam.
  9. Jika anak mengalami kejang-kejang, ini berarti demamnya terlalu tinggi dan memerlukan penanganan professional dari dokter.

Itulah sebagian dari gejala-gejala anak terkena demam yang bisa Anda ingat. Anda tidak akan panik lagi ketika anak mengalami gejala seperti itu karena Anda sudah bisa mengenali gejala demam pada balita.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!