Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Diketahui

wajah bayi lucu
Sumber: Pixabay.com

Merawat bayi baru lahir menjadi sebuah tantangan tersendiri, apalagi si kecil adalah buah hati pertama alias anak pertama. Namun jangan khawatir, berikut ini tips perawatan bayi baru lahir yang harus diketahui oleh ibu muda pada saat merawat bayi:

1. Menyusui

Berikan air susu pertama Anda karena itu akan mengandung kolostrum, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh anak. Lakukan dengan cara Skin to skin agar memudahkan bayi dalam masa awal-awal menyusu. Bunda bisa posisikan bayi tidur di atas dada, ia akan dengan sendirinya mencari puting Anda dan berlatih untuk menyusu.

Harus diingat Bayi memiliki ukuran lambung yang kecil, dengan demikian pemberian susu sebaiknya dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit namun sering. Idealnya jeda waktu antara 1 sampai 2 jam untuk beberapa hari pertama.

Ketika merasakan lapar, bayi akan memberikan tanda. Pada umumnya seperti menangis dengan kuat, mengecap-ngecap seperti mencari puting atau, mengisap tangannya.

Untuk ibu menyusui hindari mengkonsumi makanan yang dapat menibulkan gas, pedas atau dingin karena akan mempengaruhi pencernaan bayi.

2. Penggunaan botol untuk bayi

Jika Anda menggunakan botol untuk pemberian susu pada bayi karena beberapa alasan, maka pastikan botol disterilkan dan dibersihkan dengan baik. Gosok dengan cairan cuci. Rebus selama 25 menit untuk membunuh organisme yang tidak diinginkan yang mungkin telah berkembang di dalamnya karena susu fermentasi.

3. Alat Tidur bayi

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bayi tertidur adalah kasur, seprai, dan selimut yang baik. Jaga jarak satu kaki dari kisaran lubang hidung bayi jika Anda berbaring bersama dengan bayi Anda di tempat tidur yang sama.
Seharusnya tidak ada pakaian yang tidak perlu di sekitar tubuh dan tempat tidur bayi yang dapat menyebabkan kenaikan suhu dan pemanasan.
Pasang kelambu atau setidaknya jaring yang menutupi sekitar bayi untuk melindungi bayi dari lalat dan nyamuk.

4. Pakaian Bayi

Pakaian yang dikenakan bayi pada saat musim panas seharusnya terbuat kapas ringan, dan bertekstur lembut. Ketika bayi dibawa keluar, pastikan kepalanya tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Pada saat musim dingin, lindungi tubuh bayi dengan sweater, celana panjang dan wol lainnya.

5. Mengganti Popok

Popok bayi harus diganti secara teratur. Interval penggantian popok harus disesuaikan dengan rutinitas bayi. Perhatikan agar daerah sekitar bayi tetap kering, dan terhindar dari bau yang kurang nyaman.

6. Mandi Bayi

Bersihkan mulut bayi dengan kapas.
Pergunakan bak mandi yang cukup besar dan mampu memuat bayi agar memudahkan saat pembersihan. Basahi bayi dengan percikan-percikan halus atau membasahi secara perlahan.
Setelah mandi, bayi harus dikeringkan secara menyeluruh dan harus diaplikasikan dengan bedak bayi, gosok dengan minyak bayi dan krim bayi seta gunting kuku jika dipandang perlu.

7. Imunisasi

Bayi harus diimunisasi terhadap Cacar Kecil & Campak dengan BCG dalam waktu 3 bulan sejak usianya. DPT pertama (Difteri, Tetanus, Psertussis, Polio, HIB, Meningitis C) jatuh tempo dalam 2 bulan pertama diikuti oleh interval ke-2 dan ke-3 pada satu bulan. Vaksinasi MMR terhadap Campak, Gondok dan Rubella harus dilakukan dalam usia 1 tahun. Booster harus diambil setelah bayi berusia 4 tahun.

Demikian Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Diketahui, semoga bermanfaat ya Bunda, dan tetap berkomunikasi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam hal merawat bayi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!