Tips Menang Beasiswa Dengan Persaingan Ketat

tips mendapatkan beasiswa
Ilustrasi : Annie Spratt dari Pixabay

Memburu beasiswa adalah sutau keputusan serius dan sudah seharusnya jika diupayakan dengan sungguh-sungguh. Abaikan keinginanmu untuk mendapatka beasiswa jika hal itu dilakukan dengan dasar coba-coba atau hanya sekedar mengadu kebruntungan.

Keputusan untuk memenangi persaingan beasiswa lebih besar ditentukan oleh diri sendiri, para panelis hanya bertugas memilih kandidat terbaik saja. Oleh kareanya sebelum memutuskan untuk terjun dalam persaingan beasiswa, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya adalah keputusan tepat.

Apa tipsnya agar Menang Beasiswa Dengan Persaingan Ketat? Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan? Artikel ini lebih kepada berbagi wawasan dan tidak ada niat untuk menggurui. Simak yuk

Tips Mendapatkan Beasiswa

Persiapkan Sejak Awal

Pendaftaran beasiswa tidak terlepas pada kebutuhan dokumen sebagai persyaratan, pesiapkan seluruh dokumen sedari awal. Sebagai perumpamaan, ketika berniat mengikuti beasiswa Islamic Development Bank Scholarship Tahun 2021, buka laman website resminya dan ketahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Jika masa pendaftaran belum dimulai, persyaratan beasiswa sejenis tahun lalu bisa dijadikan referensi. Persyaratan sejenis untuk beasiswa sejenis biasanya tidak mengalami banyak perubahan setiap tahunnya.

Lihat kriteria, persyaratan, atau dokumen aplikasi yang dibutuhkan, pelajari juga bagaimana mendaftarnya. Pastikan Anda bisa memenuhi apa yang mereka minta. Ketika semuanya sudah bisa dipahami, mulailah untuk melengkapi, kerjakan apa yang dapat dikerjakan saat itu.

Lengkapi persyaratan yang bersifat umum, misalnya salinan ijazah dan nilai, skor tes TOEFL/IELTS, KTP/paspor, akte kelahiran, CV, terjemahan dokumen, dll.

Jika fase ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, Anda menang satu langkah dibandingkan Kandidat yang tanpa persiapan.

Ketahui Penekanan Beasiswa Yang Ditawarkan

Ketika membaca informasi beasiswa pahami jika penyelenggara memberikan penekanan atau preferensi, penekanan yang diberikan dapat beragam bentuk tergantung jenis beasiswa. Beasiswa prestasi preferensi lebih kepada kandidat yang memiliki prestasi pada bidang akademik, sedangkan beasiswa riset preferenssi atau penekanan adalah penelitian atau karya ilmiah yang sudah dihasilkan. Dalam beberapa beasiswa sering ditemukan penekanan berdasarkan pertimbangan asal geografis. Kenali pada preferensi mana Anda memiliki nilai plus.

Belajar dari pengalaman para alumni yang telah berhasil.

Manfaatkan kolom alumni untuk mengetahui profile lulusannya, jika memungkinkan hubungi mereka dan dengar upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan sehingga berhasil pada seleksi beasiswa. Beberapa beasiswa mengharuskan tes tulis dan wawancara, tentu saja hal ini hanya bisa didapatkan dari para alumni yang berhasil.

Jika tidak dapat menghubungi mereka, carilah informasi yang berkenaan dengan pengalamannya. Terkadang para alumni menulis pengalammannya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!