Cara Wujudkan Keinginan Beasiswa Luar Negeri

persiapan beasiswa luar negeri

Kuliah di luar negeri adalah merupakan  kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswa. Selain itu Banyak universitas di luar negeri yang juga menawarkan beragam jurusan dan program studi, terkadang jurusan atau program studi  hanya  terdapat di universitas tersebut.

Namun meski demikian, persiapan kuliah di luar negeri menjadi tantangan tersendiri karena ada harus melakukan berbagai usaha, salah satu diantaranya adalah melalui jalur beasiswa.

Berikut ini kabarpilihan.com akan berbagi tips, tentang bagaimana cara agar dapat melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan menggunakan beasiswa.

  1. Tanamkan niat yang kuat, niat dan keinginan yang kuat akan membuat kita termotiasi untuk belajar, dan membantu merain cita – cita yg diinginkannnya.
  2. Tingkatkan kemampuan berbahasa Ingggris,seperti kita ketahui bahasa Inggris adalah merupakan bahasa internasional, oleh karena itu banyak negara menggunakan bahasa ini sebagai bahasa resminya. Ada banyak cara untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, diantaranya dapat memulai dengan sering menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan les dan mengikuti tes TOEFL. Disarankan untuk dapat meluangkan waktu belajar dengan  paket khusus belajar Bahasa Inggris.
  3. Pilih negara tujuan beasiswa adalah negara yang sedikit peminatnya, semakin banyak peserta semakin kecil kemungkinan kita dapat lulus dalam seleksi.
  4. Membuat motivation letter, ini adalah merupakan salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan dalam aplikasi beasiswa.  Motivation letter pada dasarnya gambaran diri anda, seberapa besar harapan anda terhadap program beasiswa yang sedang anda ajukan.
  5. Lengkapi seluruh persyaratan yang dimintakan, persiapkan dokumen yang dibutuhkan selengkap-lengkapnya, seperti CV, surat referensi dan juga motivation letter serta susun dengan baik.
  6. Kirimkan dokumen lamaran lebih awal, berikan kesempatan kepada petugas seleksi untuk menilai nilai plus yang Anda miliki.
  7. Pilih dengan yakin universitas yang diinginkan, sebelum menentukan universitas dan jurusan mana yang akan dipilih ada baiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan selengkapnya tentang jurusan dan negara tempat universitas berada.
  8. Persiapkan test dan lakukan dengan sebaik-baiknya, seberapa panjang upaya yang dilakukan saat persiapan akan sia-sia ketika test yang kita ikuti dikerjakan dengan tidak sungguh-sungguh dan tanpa persiapan. Lakukan test dengan tenang dan penuh keyakinan. Berdo’alah agar apa yang telah Anda lakukan mendapat hasil yang sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!