Cara Buat Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

cara membuat sku

BLT UMKM diberikan oleh pemerintah melalui Kemenkop UKM kepada pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi wabah virus corona. Rencananya bantuan ini diberikan kepada 20 juta pelaku usaha mikro pada tahun 2021.

Penerima BLT UMKM akan diberikan dana sebesar Rp 2,4 juta sebagai bantuan modal usaha dan akan disalurkan melalui beberapa bank yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Syariah Mandiri (BSM) yang telah dimiliki oleh penerima BLT UMKM dan sudah terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM. Jika belum terdaftar Anda bisa klik tautan ini Cara Daftar BLT UMKM.

Salah satu persyaratan yang harus dimiliki ketika mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan modal usaha adalah  Surat Keterangan Usaha (SKU) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Mengutip dari laman resmi, pelayanan.jakarta.go.id, berikut syarat pendaftaran SKU.

  • Surat permohonan yang di dalamnya terdapat pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen dan data. Surat permohonan itu harus disertai materai.
  • Surat pengantar RT/RW.
  • Surat kuasa apabila pemilik usaha menunjuk orang lain untuk mengurus SKU. Surat tersebut wajib disertai meterai dan KTP pihak yang diberikan kuasa.
  • Identitas pemohon, meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Surat pernyataan dari pihak pemohon yang menyatakan tidak akan berjualan di trotoar, badan jalan, dan tidak mengganggu kegiatan umum yang disertai materai
  • Foto lokasi usaha
  • Surat perjanjian sewa tanah/bangunan, surat pernyataan tidak keberatan, dan KTP pemilik tanah/bangunan untuk tanah/bangunan yang disewa untuk usaha (bagi UMKM yang menyewa tempat usaha).

Jika SKU dan dokumen-dokumen lainnya sudah lengkap, pelaku usaha kecil bisa langsung mendaftarkan diri ke dinas koperasi di tempat domisili.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!