Memahami Risiko Kolesterol Tinggi yang Berbahaya

cholesterol care
Gambar oleh Daniele Liberatori

Sebelum memahami kolesterol tinggi, secara sederhana kolesterol adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menghasilkan vitamin D dan membran sel hormon. Namun zat ini tidak bisa larut dan dibawa oleh darah tanpa tambahan zat lain.

Zat lain yang dibutuhkan guna melarutkannya adalah Lipoprotein. Namun ketika komposisi lebih banyak dari jumlah ideal, mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan. Begitu juga dengan kolesterol ketika melebihi ambang batas akan mengakibatkan penyakit. Terutama ketika komposisi kolesterol jahat / LDL terlalu tinggi.

Lalu bagaimana menghitung ambang batas ideal untuk kondisi tubuh terbaik? Serta berapa kali idealnya kita memeriksakan kondisi zat ini di tubuh kita? Lalu bagaimana menghindarinya agar tidak mengganggu kesehatan?

Memeriksa Keseimbangan Kolesterol yang Tinggi

Zat yang dianggap jahat adalah tipe LDL yang akan berdampak pada saluran darah. Ketika jumlahnya melewati ambang batas, akan mengganggu kelancaran aliran darah. Karena jalan darah akan terhalang oleh kolesterol yang menempel di arteri. Stroke dan sakit jantung seringkali diakibatkan dari situasi ini.

Usia 20-an Anda harus mulai secara rutin memeriksa kadarnya paling tidak 4 sampai 6 kali dalam 12 bulan. Namun ketika mempunyai catatan penyakit kolesterol tinggi atau memiliki penyebab risiko lainnya disarankan untuk memeriksa kadarnya dengan frekuensi lebih banyak dalam satu tahun.

Dalam mendiagnosanya dokter menggunakan akan menghitung kolesterol HDL, LDL, maupun trigliserida. Jika gabungan dari ketiga jenis zat tersebut memiliki kadar banyak, akan didiagnosa memiliki masalah ini.

Ketika LDL diketahui tinggi, dikatakan orang tersebut mengalami sakit kolesterol tinggi. Situasi ini akan berbahaya ketika tidak diimbangi dengan jumlah HDL yang bertugas untuk mengarahkan LDL ke hati. Dengan jumlah HDL ideal, akan mengurangi risiko, karena LDL bisa dibuang dari tubuh.

Sedangkan Trigliserida yang berguna untuk membentuk energi, harus diperhatikan dari pembahasan ini. ketika kadar kalori dalam tubuh melewati ambang batas ideal, akan diubah menjadi Trigliserida. Zat ini juga ada dalam darah untuk didistribusikan ke sel untuk memenuhi energi dan produksi zat lainnya.

Jika konsumsi kalori Anda terlalu tinggi dibanding yang dibutuhkan tubuh, akan menyebabkan Trigliserida jumlahnya tidak ideal. Hal ini akan memicu munculnya penyakit yang timbul akibat penyumbatan darah.

Begitu juga asupan kalori berlebih, dan energi yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, menyebabkan Trigliserida menumpuk. Dampaknya seperti kolesterol tinggi akan mengakibatkan masalah pada jantung dan penyakit stroke.

Menghindari Mengkonsumsi Berlebihan yang Menyebabkan Penyakit Kolesterol

Untuk menjaga kesehatan harus menghindari konsumsi berlebihan makanan dengan bahan yang mengandung gula, lemah jenuh, kalori. Ketika jumlah bahan tersebut semakin sedikit, semakin bagus bagi tubuh Anda.

Karena tambahan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dari asupan makanan hanya 10 persen. Anda tidak perlu menambah secara berlebih terkait kecukupan kolesterol. Karena tubuh dapat menghasilkan sendiri tanpa menambah makanan yang mengandung kolesterol.

Untuk memenuhi kebutuhan lemak lebih baik menggunakan lemak sehat. Misalnya lebih memilih menggunakan minyak zaitun extra untuk memasak daripada menggunakan mentega. Ketika mengolah daging kami sarankan memilih tanpa lemak. Kemudian menghindari gorengan atau makanan ringan olahan untuk camilan. Lebih baik gunakan kacang atau biji-bijian.

Tidak lupa, olahraga rutin akan membuat kebutuhan energi lebih besar. Sehingga kolesterol dan kalori akan terbakar sempurna selama aktifitas olahraga. Olahraga juga bagus untuk meningkatkan kelancaran aliran darah pada arteri.

Rutin kontrol dan disiplin hidup sehat membutuhkan upaya lebih. Karena mungkin saja makanan – makanan tersebut, menjadi favorit. Selain itu, kemudahan untuk mendapatkan serta harganya terkadang lebih murah. Namun imbalan yang bisa didapat ketika mampu menjalankannya adalah kebahagiaan hidup tanpa kolesterol tinggi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!