Memahami Gejala Diabetes Tipe 1 dan Mengajarkannya pada Anak

diabetes
Gambar oleh stanias

Diabetes tipe 1 adalah penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh tidak berfungsi dengan baik pankreas. Pankreas adalah organ tubuh yang bertugas memproduksi insulin. Insulin sangat penting bagi tubuh kita untuk menghasilkan energi dari glukosa. Sebelum diubah menjadi makanan sel, Glukosa disebar ke seluruh tubuh melalui darah.

Glukosa tersebut akan dialirkan ke otot dan hati, serta tersimpan dalam bentuk dalam bentuk glikogen. Glikogen ini nantinya dipecah dan diedarkan didistribusikan ketika produksi energi dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Penyakit ini dapat terjadi ketika tubuh tidak mampu memproses glukosa karena produksi insulin tidak maksimal. Sehingga zat yang menjadi makanan tubuh ini tidak masuk ke dalam sel. Akibatnya Glukosa hanya berkutat di dalam darah yang akan menyebabkan diabetes.

Lalu bagaimana diagnosa awal bagi diri sendiri agar lebih cepat ditangani ketika mengalaminya. Kemudian bagaimana mengajarkan kepada anak kecil dengan pemahaman mereka?

Gejala dan Penyebab Diabetes Tipe 1

Pada umumnya gejala orang yang menderita diabetes tipe ini adalah rasa lapar yang berlebih, harus berlebih, penglihatan tidak sempurna, sering lelah, intensitas buang air kecil tinggi, berkurangnya berat badan dengan cepat, dan sebagainya.

Jika mengalami penyakit ini dan tidak segera mendapatkan perawatan dari dokter akan mengakibatkan komplikasi diabetes. Sedangkan pada orang dengan diabetes komplikasi bisa ditandai dengan pernapasannya cepat, kulit dan mulut kering, wajah memerah, nafasnya bau, mual, muntah dan sakit perut.

Jika diri Anda terdapat Salah satu gejala di atas, kami sarankan untuk segera berkonsultasi ke rumah sakit atau klinik kesehatan. Namun jika gejala terdapat komplikasi diabetes, segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penangan lebih intensif. Karena komplikasi diabetes bisa mengancam nyawa.

Penyebab spesifik penyakit ini sampai saat sekarang berbagai penelitian belum dapat menyimpulkannya. Namun penyakit ini dianggap sebagai autoimun, di mana tentara tubuh yang seharusnya membunuh penyakit, merusak Pankreas.

Ketika Anda konsultasikan dengan dokter, akan menjalani beberapa tes. Seseorang akan didiagnosa mengalami penyakit ini ketika mempunyai gula darah dalam kondisi puasa lebih besar dari 126 mg/dl dalam dua kali tes yang dilakukan secara terpisah. Nilai gula darahnya diatas 200 mg/dL ketika melakukan tes tidak dalam keadaan puasa. Ketika hemoglobinnya A1 c lebih besar dari 6,5 ketika dilakukan dua kali tes secara terpisah.

Mengajari Anak Cara Mengenal Gejalanya

Untuk anak-anak yang menderita penyakit ini tidak menyadari gejala sangat membahayakan. Orang dewasa dengan penyakit diabetes tipe 1, kesadaran terhadap tanda – tandanya tubuh sehingga segera mengantisipasinya agar tetap aman.

Bagi orang yang secara rutin harus minum insulin akan menghadapi risiko setiap saat mengalami diabetes ringan sampai berat. Bagaimana jika diabetes ini terjadi pada anak kecil. Di mana mereka belum memiliki kesadaran dan pengetahuan mengenai cara untuk menjaga diri dari penyakit ini.

Orang tua Anda harus mempelajari gejala awal memiliki respon cepat untuk mengobatinya. Di antara gejala umum yang timbul ketika terserang penyakit ini adalah sering merasa pusing dan tubuhnya sering gemetar. Anda bisa mengajarinya dengan menciptakan lagu sederhana menggunakan karakter yang dekat dengan mereka.

Misalnya ketika mempunyai kucing kesayangan bernama Alex, bisa menyanyikan lagu Ketika Alex Ia akan merasa pusing, ketika air gula darahnya rendah ia akan gemetar, dan seterusnya. Biasakan mereka untuk menyanyikan lagu tersebut sampai memiliki kesadaran apa yang terjadi terhadap dirinya. Ketika ia merasa pusing atau gemetar bisa langsung menginformasikan kepada Anda.

Mengingat Diabetes sangat berbahaya Anda harus selalu waspada. Kenali diri Anda, baik fisik, mental, sampai gaya hidup. Sehingga bisa menilai kondisi dan situasi yang salah ketika ada kemungkinan mengalami diabetes tipe 1.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!