Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Manfaat kopi bagi kesehatan
Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari banyak manfaat kopi bagi kesehatan. Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di dunia. Dikatakan menjadi budaya di daerah atau negara tertentu, termasuk Indonesia.

Minuman ini dikonsumsi, baik di rumah maupun di warung dalam menemani obrolan. Bahkan menjadi minuman wajib disajikan ketika berkunjung ke rumah orang lain. Minuman ini, khususnya bagi Indonesia bisa dikatakan menjadi budaya.

Namun sedikit mengetahui, minuman ini memiliki antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsinya memiliki risiko lebih kecil penyakit berat.

Manfaat Kopi bagi Kesehatan Manusia

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi kopi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Energi

Kopi mengandung kafein, zat psikoaktif yang memberikan stimulan bagi otak. Kafein ini akan memblokir neurotransmitter adenosin, yang menyebabkan peningkatan neuron. Penelitian menunjukkan kopi memiliki dampak bagus bagi memori, suasana hati, energi, kewaspadaan, reaksi dan mental.

  1. Membantu Diet

Jika Anda menjalani program diet, kafein yang terkandung di dalamnya sangat efektif digunakan untuk membakar lemak. Menurut penelitian zat ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh 3 sampai 11%. Dari nilai ini, khusus pembakaran lemak sekitar 10% bagi orang yang mempunyai badan gemuk.

  1. Meningkat Kinerja Fisik

Kafein juga memberikan stimulus pada saraf untuk memecah lemak tubuh. Selain itu juga meningkatkan epinefrin dalam darah. Hormon ini bertugas untuk mempersiapkan tubuh ketika menjalani aktivitas. Karena pembakaran lemak akan membuat tubuh memiliki tercukupi asam lemak. dari paparan di atas kemampuan meningkatkan fisik dari kafein sekitar 11 sampai 12%.

  1. Mengandung Nutrisi Bermanfaat Bagi Tubuh

Manfaat kopi bagi kesehatan berikutnya adalah menutrisi tubuh. Kafein juga memiliki nutrisi yang berguna bagi tubuh, diantaranya adalah vitamin B vitamin B5 mangan kalium magnesium dan niasin.

  1. Menyehatkan Hati

Ketika hati mengalami sakit seperti hepatitis dan lemak akan berbahaya bagi keseluruhan organ tubuh. Situasi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana sebagian besar jaringan hati diganti oleh jaringan parut. menurut penelitian minum kopi dapat mengurangi risiko 80% mengalami sirosis.

Manfaat Kopi untuk Mencegah Penyakit

Selain manfaat diatas, ada juga manfaat kopi untuk mencegah penyakit. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Jika Anda termasuk orang yang memiliki risiko penyakit diabetes tipe 2, kopi sangat cocok dikonsumsi tanpa menggunakan gula. Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsinya dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 23 sampai 50%.

  1. Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer dan demensia bisa ditekan dengan konsumsi kopi. Penyakit ini biasanya menyerang lansia berumur 65 tahun ke atas. Beberapa studi menunjukkan risiko 2 penyakit ini dapat ditekan sampai 65% dengan mengonsumsi minuman ini.

  1. Mencegah Parkinson

Penyakit parkinson disebabkan oleh matinya neuron penghasil dopamin pada otak juga bisa dicegah dengan kopi. Meskipun sampai sekarang belum ada obatnya, namun minuman hitam ini dapat mencegahnya. penguranganrisiko terjangkit Penyakit ini bagi peminum kopi adalah 32 sampai 60%.

  1. Mengurangi Depresi

ada penelitian yang diterbitkan pada 2011 wanita yang minum kopi 4 cangkir sehari menurunkan risiko mengalami depresi sampai 20%.

  1. Mencegah Kanker

Di antara penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan konsumsi kopi adalah kanker hati dan kolorektal. Kanker kolorektal dapat dikurangi risiko terkenanya sampai 15%. Sedangkan kanker hati mencapai 40% dengan konsumsi 4 sampai 5 cangkir setiap hari.

  1. Mengurangi Potensi Stroke

Informasi beredar di masyarakat kafein dapat meningkatkan tekanan darah. informasi ini benar namun nilainya hanya 3 sampai 4 mm/HG. Meskipun begitu penyakit ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit stroke mencapai 20%.

Namun, perlu diingat ketika meminumnya upayakan tidak mengandung gula. Khasiat manfaat kopi bagi kesehatan dan nutrisi yang ada dalam secangkir minuman ini dapat berkurang jika menambah gula.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!