Atasi Smartphone Lemot dan Mudah Panas dengan Cara Ini

smartphone overheat
Gambar oleh Gerd Altmann

Adakah cara untuk atasi smartphone lemot dan mudah panas dengan mudah? Ini menjadi pertanyaan yang cukup populer. Biasanya datang dari para pengguna baru dari ponsel cerdas tersebut. Selain itu, ada berbagai alasan yang menjadi penyebab dari munculnya pertanyaan tersebut.

Smartphone atau ponsel cerdas saat ini menjadi kebutuhan bagi manusia karena perkembangan teknologi yang mengharuskannya. Pekerjaan-pekerjaan sudah banyak yang menggunakan teknologi sebagai penunjang aktivitasnya. Salah satunya dengan penggunaan smartphone atau ponsel cerdas.

Saat ponsel cerdas digunakan terlalu lama biasanya akan banyak data tersimpan di dalam memori. Data yang terlalu banyak disimpan ini dapat mengakibatkan berbagai masalah timbul apalagi jika jarang dibersihkan. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah ponsel menjadi mudah panas dan semakin lemot.

Jika ini terjadi maka kinerja dari ponsel juga tidak cukup baik dan dapat mengakibatkan kinerja pekerjaan juga ikut menurun. Ada cara untuk atasi smartphone lemot dan mudah panas yang perlu dicoba dan caranya juga cukup mudah. Namun sebelumnya, perlu diketahui penyebab dari munculnya masalah satu ini.

Penyebab Smartphone Mudah Panas dan Lemot

smartphone lemot

Pemakaian ponsel cerdas dalam kehidupan sehari-hari memang sangat dibutuhkan, oleh karena itu tidak bisa dianggap sepele. Banyak pengguna menggunakan ponsel cerdas tanpa mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi kemungkinan masalah muncul. Di bawah ini adalah beberapa penyebab ponsel cerdas mudah panas dan lemot.

  1. Pengaturan dari Ponsel yang Kurang Optimal

Ponsel yang mudah panas biasanya karena banyaknya penggunaan daya atau energi. Maka dari itu, pengaturan dari ponsel harus diperhatikan seperti mengatur kecerahan layar dan wallpaper yang tepat. Masalah ini sangat mudah untuk diatasi dan tidak perlu mengeluarkan modal.

  1. Ruang Penyimpanan Terlalu Penuh

Setiap ponsel cerdas memiliki ruang penyimpanan yang sudah disesuaikan dengan standarnya. Ruang penyimpanan ini bisa berisi foto, video, sampai file dalam bentuk doc dan lainnya. Seringkali masuk data ke dalam ponsel dari berbagai sosial media dan membuatnya menjadi terlalu penuh.

Padahal bisa saja bahwa data tersebut tidak penting untuk pengguna. Untuk cara atasi smartphone lemot juga akan dijelaskan dibawah.

Cara untuk Mengatasi Masalah Lemot dan Cepat Panas pada Smartphone

Tidak hanya pada smartphone lama, namun yang baru juga bisa mengalami masalah ini jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, perlu cara yang mudah untuk diterapkan dalam mengatasi masalah tersebut.

  1. Terapkan Pengaturan

Dari masalah ponsel yang mudah panas di atas, maka coba untuk membuat kecerahan dalam batas normal atau turunkan agar tidak memakan banyak daya. Mengurangi kecerahan adalah cara penerapan dari pengaturan yang optimal. Jika dibutuhkan suatu saat bisa mencerahkannya namun jangan lupa menguranginya kembali.

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Seringkali saat menggunakan satu aplikasi kemudian beralih ke aplikasi lainnya dan ini menyebabkan ponsel mudah panas serta bisa membuat lemot maka untuk atasi smartphone lemot tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan. Bisa juga menutup semua aplikasi yang tidak dibutuhkan sekaligus.

  1. Menghapus File yang Tidak Dibutuhkan

Terakhir cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelemotan dari ponsel cerdas dengan menghapus file-file dalam memori atau ruang penyimpanan. Pilih beberapa bagian yang mungkin penuh akibat media sosial seperti whatsapp.

Ponsel cerdas sesekali membutuhkan perawatan seperti pembersihan untuk melonggarkan ruang penyimpanan dari ponsel tersebut. Jika dibutuhkan bisa menggunakan aplikasi tambahan sebagai cara atasi smartphone lemot.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!